Olahraga

Khofifah: Olahraga Cairkan Seluruh Perbedaan

Jakarta (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, olahraga mampu mencairkan seluruh perbedaan. Pada saat yang sama, olahraga juga mampu membangun nasionalisme.

Dia mencontohkan, di saat terjadi perang dingin antara AS dan Uni Sovyet maka yang bisa mencairkan hubungan, kebekuan antara kedua negara adalah olahraga.

“Saya ingin menyampaikan, mengapa saya mencintai olahraga. Olahraga mencairkan seluruh perbedaan. Yang beda agama, suku, bahkan juga afiliasi partai politik, beda identitas etnis, semuanya bisa bersatu cair di dalam olahraga. Jadi, menurut saya, tidak ada batas, tidak ada sekat, disini kita dipersatukan,” kata Khofifah saat melepas atlet asal Jawa Timur yang akan berlaga di Sea Games 2019 Manila di Filipina, semalam.

Dia juga mengatakan, dengan olahraga nasionalisme juga terbangun. “Jadi kalau ada yang teriak bertanya bagaimana membangun nasionalisme, ikutlah tradisi bagaimana atlet dibimbing maka disitu nasionalisme itu akan terbangun. Dan ketika kita masuk arena Sea Games maka Garuda di Dadaku, Merah Putih kita kibarkan tinggi-tinggi,” katanya yang langsung disambut tepuk tangan atlet yang hadir.

Dalam kesempatan itu hadir diantaranya Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Republik Indonesia La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Wakil Ketua KONI Pusat Mayjen TNI (purn) Suwarno.

Seperti diketahui, Jawa Timur mengikutsertakan 119 atlet dan 29 pelatih. Adapun cabang olahraga yang diikuti sebanyak 38 dari 51 cabang yang diikuti kontingen Indonesia. Dalam ajang Asian Games 2018 lalu, atlet asal Jatim menyumbang 12 emas, dari total 31 emas yang diraih Indonesia. [hen/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar