Olahraga

Ketua PPP Jember Puji Mental Italia yang Terkadang Halalkan Segala Cara

Jember (beritajatim.com) – Mental juara yang dimiliki tim nasional sepak bola Italia membuat Madini Farouq, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Jember, Jawa Timur, kepincut.

Mental juara inilah yang jadi alasan Gus Mamak, panggilan akrab Madini, untuk menjagokan Italia dalam final Piala Eropa 2020 melawan Inggris, Senin (12/7/2021) dini hari. “Prediksi saya skor 2-1 untuk Italia,” katanya.

“Saya pilih Italia karena punya mental juara, walau terkadang menghalalkan segala cara. Seperti diving dan memancing emosi lawan seperti waktu insiden Materazzi dengan Zidane saat final Piala Dunia 2006,” kata Madini.

Saat itu, banyak pendapat menyatakan, salah satu kunci kekalahan Prancis dari Italia adalah saat Zidane terkena kartu merah karena menanduk dada Materazzi. Belakangan diketahui, karena Materazzi memprovokasi Zidane dengan kata-kata tak patut terhadap keluarga pemain Prancis itu.

Namun, lanjut Madini, Inggris bukan tim yang mudah dikalahkan. “Inggris juga punya tren permainan yang baik dengan materi pemain yang berpengalaman di Liga Inggris dan Liga yang lain,” katanya.

Terlepas dari siapa juaranya nanti, Madini melihat ada hal yang bisa dipetik dari Piala Eropa 2020. “Kejutan-kejutan bisa terjadi ketika kesebelasan negara unggulan seperti Portugal, Jerman, Belanda kalah dari negara yang kurang diperhitungkan,” katanya.

Menurut Madini, ada kesamaan antara sepak bola dengan politik. “Dalam sepakbola dan politik, segala kemungkinan bisa terjadi. Tapi pada akhirnya yang menang adalah yang memang benar-benar bermental juara,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar