Olahraga

Ketua KONI Jatim, Jurnalis Pilar Perubahan

Surabaya (beritajatim.com) -Secara resmi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Ir Erlangga Satriagung, membuka gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hotel Kampi, Surabaya, Kamis (7/2/2019).

Dalam sambutannya, Erlangga Satriagung mengatakan, jika rakernas ini menjadi momen yang bagus untuk menyelaraskan peran dalam pengembangan olahraga nasional.

“Pers perannya tinggi sekali. Tidak mungkin olahraga maju tanpa peran wartawan olahraga. Saya mengajak agar sama-sama berjuang untuk membangkitkan semangat olahraga,” katanya.

Pria yang akrab disapa Erlangga itu menjelaskan, jika pers menjadi pilar penting sebagai sarana perubahan. Sebab, media menjadi sarana penyampaian informasi terkait visi misi seluruh stakeholder olahraga. Terutama dalam hal pembentukan sumber daya manusia berkarakter.

“Kalau pemerintah sedang memperjuangkan membentuk pemuda berkarakter. Kenapa gak lewat sektor olahraga? Kalau SIWO bergerak bersamaa, ini akan sangat strategis,” jelasnya.

Di Jawa Timur, papar Erlangga, bahwa telah dilakukan pengembangan SDM berkarakter melalui olahraga. Ditambah, dengan dukungan beberapa pilar seperti kesehatan, fisik, psikologi sehingga terkontrol.

“Bahwa olahraga tidak hanya bicara soal medali, soal berkeringat saja. Tapi, sejak dini sudah dibina dan dipahamkan masalah sportifitas, harus ditanamkan rasa disiplin, solidaritas dan kepatuhan. Itu diberikan terus sampai dia jadi atlet dan ini modal besar membangun pemuda yang berkarakter,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim, Supratomo. Ia menjelaskan, jika keberhasilan Jawa Timur diberbagai ajang nasional maupun internasional tak lepas dari sinergi yang baik dengan wartawan.

“Alhamdulillah atlet Jawa Timur binaan pak Erlangga bisa menyumbang 30 persen medali di Asian Games. Jadi ada 12 emas dari 31 emas. Kemudian, di Sea Games atlet Jatim menyumbangkan medali terbanyak itu juga dorongan dari wartawan olahraga. Baik dalam memberitakan membangun opini, memeberi semangat dan memberi masukan kepada kami yang ditugaskan untuk membina,” jelasnya. [way/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar