Iklan Banner Sukun
Olahraga

Ketua DPRD Jember: Wes Wayahe Indonesia Juara Piala AFF

Tiga pemain Indonesia (kiri ke kanan): Asnawi, Egy Maulana, Witan Sulaeman [foto: pssi.org]

Jember (beritajatim.com) – Tim nasional sepak bola Indonesia harus menjadi juara Piala AFF saat ini. Hasil pertandingan akan ditentukan oleh detail kecil. Namun pemain Indonesia punya motivasi tinggi dalam final pertama turnamen sepak bola Piala AFF, di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021).

Hal ini diungkapkan Itqon Syauqi, Ketua DPRD Jember, Jawa Timur. “Saya kira wes wayahe Indonesia juara. Setelah enam kali lolos ke final dan dapat julukan spesialis runner-up, maka malam ini timnas Indonesia harus mengambil pelajaran dari final-final yang telah lalu,” katanya.

“Saya kira karena ini leg pertama, Indonesia lebih berfokus ke pertahanan dulu. Saya yakin kedua tim akan bermain sangat hati-hati dan pertandingan akan ditentukan detail-detail kecil. Saya lihat beberapa pertandingan terakhir, Indonesia kecolongan karena kesalahan-kesalahan yang tidak perlu, dan ini sangat berbahaya ketika menghadapi Thailand,. Thailand pasti memanfaatkan kesalahan itu,” kata Itqon.

Namun dari segi semangat, Itqon melihat, pemain Indonesia sudah luar biasa. “Sangat terlihat begitu haus juara. Tinggal kita lihat saja bagaimana pelatih timnas Indonesia akan mengambil inisiatif seperti apa. Tapi menurut saya paling masuk akal adalah pakai strategi menunggu Thailand berbuat kesalahan, dan benar-benar harus dimanfaatkan. Intinya menghadapi Thailand harus one shot one goal. Tidak boleh membuang peluang. Peluang sekecil apapun harus dimanfaatkan,” kata Itqon.

Indonesia maju ke babak final setelah mengandaskan Singapura dengan agregat gol 5-3 (1-1 dan 4-2) di semifinal. Sementara Thailand menyisihkan Vietnam dengan agregat 2-0 (2-0 dan 0-0). Dari sisi produktivitas gol, Indonesia lebih produktif mencetak gol yakni 18 gol dalam 6 pertandingan. Sementara Thailand hanya mencetak 12 gol.

Namun dari aspek pertahanan, Thailand memiliki tembok yang kokoh. Hanya kebobolan 1 gol dalam 6 pertandingan. Sementara gawang Indonesia digelontor 7 gol dalam 6 pertandingan.

Irfan Jaya terlibat dalam lima gol yang dilesakkan Indonesia melalui 3 gol dan 2 assist. Sementara Witan Sulaiman mencetak 3 assist. Dari Thailand, ada nama Teerasil Dangda yang mencetak 4 gol dan Narubadin Weerawatnodom yang mencatatkan 3 assist. [wir/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar