Iklan Banner Sukun
Olahraga

Kerjasama Ajax Cape Town dan Ajax Amsterdam Berakhir

javier cruz [pexels]

Surabaya (beritajatim.com) – Selain Ajax Amsterdam, terdapat klub bernama Ajax di Benua Hitam. Ajax Capetown merupakan klub sepakbola profesional asal kota Cape Town, Afrika Selatan. Awalnya berdiri sebagai Cape Town Spurs tahun 1970 hingga kemudian pada 1999 berubah nama menjadi Ajax Cape Town setelah terjadi penggabungan Cape Town Spurs dan Seven Stars.

Saat itu Ajax Amsterdam mengumumkan perluasan pencarian bakat para pemain sepakbola khususnya di Afrika Selatan. Penggunaan logo yang hampir sepenuhnya sama dengan Ajax Amsterdam hingga jersey merah-putih khas Ajax kemudian dipergunakan Ajax Cape Town untuk mengikuti kompetisi Liga Afrika Selatan.

Pada tahun 2020 lalu, hubungan kerjasama antara Ajax Cape Town dengan Ajax Amsterdam resmi berakhir. Berakhirnya hubungan kerjasama ini ditengarai setelah kegagalan Ajax Cape Town kembali bermain pada kasta teratas Liga Afrika Selatan setelah mereka terdegradasi musim 2017/18 dari Premier Super League.

Pihak Ajax Amsterdam selaku klub induk yang memiliki 51% saham di Ajax Cape Town mengakui berakhirnya hubungan kerjasama ini menjadi sebuah hal yang realistis setelah melihat perkembangan sepakbola di Afrika Selatan. Hasil yang diharapkan sangat jauh dari tujuan awal mereka memeperluas jaringan dengan klub sepakbola yang ada di negara itu.

Di sisi lain, setelah berpisah dengan klub induknya, pihak Ajax Cape Town menggunakan nama lamanya, yakni Cape Town Spurs untuk dapat mengikuti kompetisi GladAfrica Championship musim 2020/21. Musim lalu, Cape Town Spurs sendiri gagal untuk kembali ke kasta teratas Premier Super League (PSL) setelah pada babak playoff dikalahkan oleh Black Leopards dengan skor 2-0.

Selama bekerjasama dengan pihak Ajax Amsterdam, Cape Town Spurs tidak sama sekali pernah merasakan gelar juara PSL. Prestasi terbaik mereka adalah menjadi juara MNTN 8 pada tahun 2015, dan mewakili klub Afrika Selatan diajang CAF Cahmpions League sebanyak 2 kali (2005 dan 2009) serta CAF Confederations Cup 2008 silam. Maka nama Ajax Cape Town kini hanya akan menjadi sebuah sejarah di sepakbola Afrika Selatan. [adn/bj0]


Apa Reaksi Anda?

Komentar