Olahraga

Keinginan Arema FC Bermarkas di Stadion Sultan Agung Bantul Ditolak Tim Liga 3

arema fc
Komisaris Arema FC, Tatang Dwi Arifianto.

Malang (beritajatim.com) – Arema FC berencana menjadikan Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul sebagai markas mereka selama putaran kedua Liga 1 musim ini. Hal ini tidak lepas dari sanksi yang mereka terima akibat Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 silam.

Namun, niatan manajemen Arema FC mendapat penolakan dari PS Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) salah satu tim kontestan Liga 3 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). PS HW juga bermarkas di SSA Bantul.

“Dear @AremafcOfficial, kami hanya tim kecil yang bermarkas di DIY. Kami kumpulkan dana dari donatur dan sponsor sedikit demi sedikit untuk persiapan Liga 3. Gara2 kalian, liga 3 DIY batal. Lalu kalian mau menggunakan SSA (Stadion Sultan Agung, red) untuk liga 1. Sungguh tiada empati!,” tulis official akun PS Hizbul Wathan UMY di media sosial twitter.

Manajer PS HW UMY, Filosa Gita Sukmono menjelaskan alasan penolakan ini. Tim PS HW sepakat menaruh rasa empati pada seluruh korban dan keluarga korban Tragedi Kanjuruhan. Di sisi lain, imbas dari Tragedi Kanjuruhan Liga 3 di seluruh provinsi di Indonesia batal digelar termasuk DIY.

“Paling mendasar adalah empati. Kami berempati pada korban, di saat yang bersamaan kami telah mempersiapkan tim untuk berlaga di Liga 3 DIY juga,” kata Filosa.

“Di tengah kondisi yang penuh duka, tiba-tiba ada klub Liga 1 yang ingin menggunakan Stadion Sultan Agung. Tentu ini adalah hal yang nirempati. Bagi kami, di titik empati inilah yang perlu dipahami bersama,” imbuh Filosa.

PS HW telah mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin untuk mengarungi kompetisi Liga 3 regional DIY. PS HW merasa pembinaan dan persiapan yang mereka lakukan sia-sia. PS HW pun ikut menyuarakan usut tuntas untuk Tragedi Kanjuruhan.

“Pengusutan tuntas sesuai hasil temuan tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) agar sepakbola Indonesia kembali bermartabat,” ujar Filosa.

Sebelumnya, Komisaris PT Arema Aremania Berprestasi ( PT AABBI), Tatang Dwi Arifianto mengungkapkan, manajemen Arema FC secara resmi mengajukan Stadion Sultan Agung, Bantul sebagai homebase putaran kedua Liga 1 2022. Stadion milik Pemkab Bantul itu menjadi pilihan setelah mempertimbangkan beberapa stadion lainnya.

“Sebenarnya ada beberapa pilihan stadion, tapi akhirnya kita memutuskan untuk mengajukan stadion Sultan Agung Bantul sebagai homebase di putaran kedua BRI Liga 1 2022,” tandas Tatang. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar