Iklan Banner Sukun
Olahraga

Kecewa, Tim Darul Ulum Jombang Mundur dari Liga Santri Piala KASAD 2022

Stadion Merdeka Jombang yang digunakan pertandingan Liga Santri PSSI Piala KASAD 2022

Jombang (beritajatim.com) – Tim sepak bola Darul Ulum Jombang mundur dari kontestasi Liga Santri PSSI Piala KASAD. Tim asal PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Rejoso Kecamatan Peterongan Jombang itu kecewa dengan kinerja panitia.

Selain itu, mundurnya tim dari PPDU ini untuk menjaga marwah liga santri dan KSAD (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) Jenderal Dudung Abdurachman. Pernyataan itu ditegaskan oleh juru bicara PPDU Zahrul Azhar Asad atau Gus Hans, Senin (4/7/2022).

Gus Hans mengatakan, sebelumnya tim PPDU melayangkan protes ke panitia pelaksana. Hal itu terkait dengan dugaan adanya pemain ilegal di tim lain yang ikut dalam liga tersebut. Karena ada dugaan non-santri yang diikutkan di salah satu tim.

Tim Darul Ulum A kemudian melayangkan protes. Hanya saja, protes tersebut ditolak oleh panitia. Jawaban panitia itu disampaikan melalui Surat Keputusan Panitia Disipilin No:02/PANDIS/LIGASANTRlJOMBANG/V11/2022. Dalam surat itu dijelaskan bahwa panitia disiplin menolak surat protes dari Tim Darul Ulum A perihal dugaan penggunaan pemain tidak sah oleh Tim Bahrul Ulum dalam Liga Santri Piala Kasad 2022 Wilayah Kabupaten Jombang.

Karena berdasarkan regulasi Piala KASAD Liga Santri PSSI Tahun 2022, pemain dari Tim Bahrul Ulum tidak bertentangan dengan Pasal 28. “Protes kami ditolak. Kami menilai panitia pelaksana (panpel) pertandingan tidak profesional dalam menyaring pemain. Untuk itu kami mundur dari kepesertaan Liga Santri Piala KASAD 2022,” kata Gus Hans menegaskan.

Gus Hans mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah pihaknya melakukan rapat dengan keluarga dan majlis pengasuh pesantren. “Setelah berembug dengan keluarga pesantren darul ulum, kami menyatakan mundur dari liga santri Piala Kasad 2022,” katanya mengulang.

Tim Darul Ulum A ini sebenarnya cukup moncer dalam laga yang dihelat di Stadion Merdeka Jombang. Tim asal PPDU tersebut berhasil lolos ke babak 8 besar. Di babak penyisihan Darul Ulum A berhasil membantai Kalimasada dengan skor telak 6-0, Jumat (24/6/2022). Dua hari sebelumnya, Darul Ulum A juga membungkam Baitul Makmur dengan skor 7-0. Darul Ulum menjadi juara di grup A.

Memasuki perempat final atau fase gugur, kesebelasan asal Rejoso ini bertemu dengan PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas. Nah, pada pertandingan ini Darul Ulum A kalah dengan skor 1-4. Namun pertanding terpaksa dihentikan karena berujung ricuh. Ratusan suporter menyerbu ke tengah lapangan.

Kedepan, Gus Hans berharap, pihak penyelenggara Liga Santri Piala KASAD lebih profesional dalam melakukan penyaringan pemain. Karena perhelatan tersebut menjadi ajang pencarian bakat santri di bidang olahraga. Dengan tidak tercederai oleh asal comot pemain dari luar. “Harus yang benar-benar santri sedang belajar di pesantren dan terdata oleh Kementerian terkait,” pungkas Gus Hans. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar