Olahraga

Liga 3 Zona Jatim Grup E

Kapten Kena Kartu Merah, Persid Tutup Kompetisi dengan Kemenangan

Jember (beritajatim.com) – Pertandingan terakhir sepakbola Grup E Liga 3 Zona Jawa Timur, di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Minggu (27/10/2019), antara Persid melawan Persewangi berjalan panas.

Pertandingan yang berakhir 3-2 (1-0) untuk Persid ini diwarnai kartu merah dan gontok-gontokan antarpemain. Kendati sudah tak menentukan bagi kedua tim, pelatih Persid Achmad Jainuri menginstruksikan anak-anak asuhnya bermain maksimal.

“Kami memang upayakan menang. Walau sudah tak ada peluang lolos ke Babak 16 Besar Zona Jatim, kami tunjukkan bahwasanya kami bisa. Walau dia juara grup, kami tunjukkan bisa mengatasi permainan Persewangi,” kata Jainuri.

“Anak-anak memang punya motivasi lebih daripada pertandingan sebelumnya. Walau kami menang 10 atau 20 gol tidak akan lolos play-offs karena nilai sama tapi kalah head to head dengan PSIL Lumajang,” kata Jainuri.

Sebenarnya sejak menit awal, pertandingan berjalan dalam tempo sedang. Persid yang lebih suka memainkan umpan-umpan langsung ke daerah dan beroperasi via sayap lebih mendikte permainan.

Pemain-pemain Persewangi kewalahan menghadapi pressing pemain-pemain Persid. Setiap kali menguasai bola, pemain Persewangi dikepung dua atau tiga pemain Persid.

Persid beberapa kali menciptakan peluang dengan dimotori Dwika Baskara dan Mohammad Akmal. Salah satunya pada babak pertama saat permainan umpan pendek di kotak penalti memberikan kesempatan kepada Dwika untuk melepaskan tembakan yang bisa dipatahkan kiper Mohamad Dimas Saputra.

Hadiah tendangan penjuru dimanfaatkan Agustias Dimas Nesmaya untuk mengirimkan bola silang ke depan gawang. Mohamad Dimas sebenarnya sudah bisa mengantisipasi arah bola udara. Namun ia gagal menangkapnnya dan bola jatuh di kaki Jerry Rivan Perdana. Jerry tinggal mendorong bola ke dalam gawang pada menit 17.

Unggul 1-0, Persid bermain lebih menekan. Namun serangan yang dibangun kurang rapi dan operan-operan yang ditunjukkan pemain Persid beberapa kali tak akurat dan kena intersep.

Pelatih Persewangi Abdul Karim melakukan dua pergantian pemain pada babak pertama. Ini menunjukkan skema permainan tak terbangun baik. Bek Elang Gumiwang Berisgondi digantikan Moch Youngki Prayogo pada menit 27 dan pemain tengah Moh Akbar Romadhani digantikan Kori Hamzah pada menit 20. Namun Kori digantikan Rivaldo Ari Zendy pada menit 81.

Babak kedua, Persid bermain lebih rapi dan agresif. Menit 52, Mohammad Akmal berhasil mengelabui pemain belakang Persewangi setelah mendapat bola umpan daerah. Kiper Mohamad Dimas terburu-buru maju dan tak bisa berbuat banyak saat Akmal menjebol gawangnya.

Unggul 2-0 membuat Persid semakin trengginas. Menit 56, gol ketiga tercipta dari hasil kerjasama Kapten Persid Iwan Sampurno dengan Akmal. Akmal menggiring bola memasuki kotak penalti dan menghajar bola ke arah gawang Dimas. Bola berhasil diantisipasi Feri Irawan. Tapi sapuan pemain belakang Persewangi itu justru membuat bola masuk ke gawang sendiri.

Unggul 3-0 membuat pemain belakang Persid lebih longgar dalam bertahan. Beberapa kali pemain Persewangi berhasil lolos dan mengacak-acak pertahanan.

Puncaknya adalah saat Jerry melanggar Mohammad Fikri Ardyansyah dalam kotak penalti. Khoirul Huda berhasil mengeksekusi bola pada menit 68.

Persewangi sebenarnya berhasil mempertipis skor setelah Khoirul Huda mengirimkan tembakan keras yang tak bisa dijangkau kiper Mohammad Firmansyah. Namun gol itu dianulir wasit Farid Riesdianto karena menilai bola menyentuh tangan Huda lebih dulu.

Situasi berbalik pada menit 70, saat Iwan Sampurno harus keluar lapangan akibat terkena kartu kuning kedua. Pemain-pemain Persewangi memanfaatkan kekurangan pemain yang dihadapi Persid dengan meningkatkan serangan.

Menit 85, Herwato berhasil mencetak gol dan mengubah skor jadi 2-3. Gol ini memanfaatkan kelemahan pemain belakang Persid yang gagal mengawal pergerakan Dwi Ahmad Rahmadani sehingga bisa mengirimkan operan terobosan untuk Herwanto.

Menjelang pertandingan kelar, Jerry terlibat ketegangan dengan pemain Persewangi. Namun sejumlah pemain meredam emosinya. Persid akhirnya menundukkan juara grup E dengan skor 3-2 di hadapan 613 orang penonton. (Wir/ted)

Susunan klasemen akhir Grup E
(Main, menang, seri, kalah, nilai)

1. Persewangi 8 4 3 1 15
2. PSIL 8 4 2 2 14
3. Persid 8 4 2 2 14
4. Persipro 1952 8 3 3 2 12
5. Persebo Muda 8 0 0 8 -3





Apa Reaksi Anda?

Komentar