Iklan Banner Sukun
Olahraga

Kalahkan Donetsk, Tim Debutan Sheriff Tiraspol Puncaki Group Sementara

(Foto: Twitter @ChampionsLeague)

Surabaya (beritajatim.com) – Hasil tak terduga banyak terjadi di pertandingan pertama Liga Champions Eeropa. Setelah tim unggulan seperti Manchester United kalah dari tim asal swiss Young Boys dan PSG yang berhasil ditahan imbang klub asal Belgia, Club Brugge.

Kini tim debutan Sheriff Tiraspol berhasil memuncaki Group D setelah berhasil menang 2-0 atas Shakthar Donetsk, runner up Liga Ukraina musim lalu. Sheriff Tiraspol merupakan klub dari Liga Moldova pertama yang bersaing di Liga Champions. Jika sebelumnya banyak yang memprediksi mereka hanya sebagai pelengkap, Sheriff Tiraspol berhasil memberi kejutan di matchday perdana.

Sheriff Tiraspol yang masuk di Grup D mengawali petualangan mereka di kompetisi paling akbar sepak bola Eropa itu dengan melawan Shakhtar Donetsk, Kamis (16/9) dini hari waktu Indonesia.

Bermain di kandang, Stadion Bolshaya Sportivnaya, jadi saksi Sheriff Tiraspol tampil tampil begitu percaya diri. Mereka yang berstatus tim debutan mampu meraih kemenangan 2-0 atas tim Ukraina langganan Champion. Melalui sepakan Adama Traore keunggulan saat menit-16. Skor 1-0 bertahan hingga jeda minum.

Di babak kedua, Sheriff Tiraspol yang tampil bersama teriakan suara penggemar, bermain begitu agresif meski Shakhtar Donetsk masih mendominasi penguasaan bola.Sebenarnya, Shakhtar Donetsk lah yang mendominasi permainan. Shakhtar mampu melakukan penguasaan bola sampai 75 persen, dan hanya berbanding 25 persen dari Sheriff. Shakhtar juga unggul jumlah tendangan yaitu 20 kali sedangkan Sheriff hanya 11 kali.

Meski begitu, Sheriff punya tendangan ongol lebih baik, dengan empat berbanding tiga. Harus diakui pada pertandingan itu Sheriff Tiraspol bermain lebih taktis dan bertahan dengan baik. Hingga akhirnya menit-62 Mamo Yansane menggandakan angka. Skor 2-0 untuk kemenangan tim tuan rumah membawa sorak sorai.

Kemenangan ini pun jadi catatan sejarah bagi klub debutan tersebut. Usai melalui jalan panjang, Sheriff Tiraspol akhirnya berhasil menjadi klub dari Liga Moldova pertama yang mentas di Liga Champions. Klub dengan julukan The Yellow Blacks itu tercatat telah mengalahkan beberapa klub di babak kualifikasi. Alashkert, Red Star Belgrade, dan Dinamo Zagreb mereka singkirkan.

Saat ini, Sheriff Tiraspol jadi pemuncak klasemen Grup D dengan torehan tiga poin. Selain Shakhtar Donetsk, Sheriff Tiraspol masih akan berhadapan dengan Real Madrid dan Inter Milan dalam grup tersebut. Mampukah klub milik pak Sheriff ini melangkah lebih jauh? Menarik untuk diikuti. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar