Iklan Banner Sukun
Olahraga

Kalahkan Curacao 2-1, Timnas Indonesia Naik Peringkat

Skuat Timnas Indonesia dalam uji coba melawan Curacao pada hari Sabtu (24/9/2022) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Jakarta (beritajatim.com) – FIFA Matchday leg kedua antara Indonesia vs Curacao berakhir dengan skor 2-1. Berkat kemenangan tersebut Timnas Indonesia mendapat perolehan poin dalam peringkat FIFA dan naik ke peringkat 152 dunia.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Dimas Drajad, saat laga baru berjalan 3 menit. Gol tunggal tersebut membuat Indonesia unggul atas Curacao 1-0 pada laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB.

Skor pembuka itu bermula saat Dimas Drajad memanfaatkan bola liar usai kiper Curacao, Jeremy Bodak, gagal menghalau tendangan jarak jauh Witan Sulaeman. Dimas Drajad lolos dari jebakan offside lawan ketika menerima bola liar tersebut langsung mengarahkan bola ke gawang.


Awal babak pertama Timnas Indonesia menguasai jalannya laga. Penguasaan bola yang dilakukan Indonesia membuat asuhan Shin Tae Yong bertubi-tubi melakukan tekanan pada pertahanan lawan.

Selain unggul skor, tim asuhan Shin Tae-yong tampil menekan dengan garis tinggi. Curacao tak mendapat kesempatan untuk membangun serangan dari belakang pada lima belas menit awal.

Serangan berbahaya Indonesia dibangun oleh Yakob Sayuri saat menit ke – 27 dari sisi kanan penyerangan. Dia lari ke depan lalu mengirim bola ke tengah. Saddil Ramdani siap menerima bola itu. Namun, backheel-nya tak membuat bola mengarah dengan kuat ke gawang lawan.

Indonesia sempat tertekan di limabelas menit menjelang babak pertama berakhir. Beruntung kiper Indonesia, Syahrul Trisna mampu tampil gemilang. Peluang berbahaya Curacao terjadi menit ke-33.

Rangelo Janga sempat berhasil melewati pemain belakang Indonesia. Beruntung, Syahrul lebih dekat dengan bola dan pemain Curacao itu gagal membuahkan gol. Tambahan waktu tiga menit tidak mengubah skor 1-0 pada laga dengan guyuran hujan lebat itu.

Pada awal babak kedua, tepatnya menit ke-47, Jeremy Antonisse berhasil menembus jala Indonesia. Jeremy memanfaatkan kelengahan Rizky Ridho yang gagal mematahkan umpan Juninho Bacuna. Ia lolos jebakan offside dan Syahrul Trisna Fadillah tak mampu menghalau.

Setelah skor sama kuat, kedua tim saling berbalas serangan. Permainan keras diperagakan oleh Timnas Curacao. Hasilnya, Juninho Bacuna mendapat kartu merah usai mendapat kartu kuning untuk kali kedua di menit ke-80. Dia mengemas kartu kuning pertama saat menit ke-52.

Unggul jumlah pemain membuat seisi stadion bergemuruh. Indonesia mengepung pertahanan Curacao. Dendy Sulistyawan mendapat umpan dari Witan Sulaeman yang meliuk-liuk di dalam area penalti Curacao. Dendy berhasil memasukkan bola ke jala Jeremy Bodak, skor pun berubah jadi 2-1 di menit ke-87.

Pada akhir laga, Indonesia terus menyerang area pertahanan Curacao. Namun, tidak ada peluang yang berhasil dikonversi jadi gol. Sampai wasit membunyikan peluit panjang skor 2-1, tetap bertahan. Membuat Indonesia berhasil menang atas Curacao dalam dua laga beruntun. [dan/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar