Iklan Banner Sukun
Olahraga

Jember Bakal Jadi Kekuatan Baru Tarung Derajat Jawa Timur

cabor tarung derajat [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Kabupaten Jember bakal menjadi kekuatan baru cabang olahraga tarung derajat dalam Pekan Olahraga Provinsi VII Jawa Timur, Juli tahun depan. Dari 18 medali emas yang diperebutkan, Jember bisa meraih sedikitnya tiga medali emas dan menjadi juara umum.

Prediksi ini disampaikan langsung Bambang Haryo Soekartono, Ketua Umum Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Timur, saat berkunjung ke Jember, Sabtu (4/9/2021). “Kami sangat mengharapkan dengan jumlah atlet kurang lebih 17 atlet yang diturunkan oleh Jember sendiri ini akan bisa meraih juara umum,” katanya.

Menurut Bambang, Pemkab Jember ingin bisa mendulang emas sebanyak-banyaknya. “Ini suatu motivasi yang cukup bagus,” katanya.

Baca Juga:

    Minat masyarakat terhadap cabor tarung derajat cukup tinggi. “Di sini muncul bibit cukup banyak dari 23 kabupaten dan kota yang akan kami kembangkan menjadi 26 kabupaten dan kota. Dengan pembinaan cukup bagus dari masing-masing daerah, saat ini muncul bibit-bibit baru dari daerah yang tidak kami perkirakan,” kata Bambang.

    Bambang mencontohkan munculnya atlet potensial dari Jember, Situbondo, dan Bondowoso. “Kita kok punya satu keyakinan akan muncul dari daerah-daerah lain. Kami akan road show ke Malang, Kediri, dan Madiun. Kami akan melihat potensi-potensi di sana. Tapi yang sudah siap mengikuti ajang porprov pada Juli 2022 ada 21 kabupaten dan kota,” katanya.

    Bambang menyebut porprov mendatang menjadi kesempatan bagi Jember untuk memborong medali. “Kalau medalinya banyak dari tarung derajat ini luar biasa. Jember moncer ini,” katanya. Cabor tarung derajat di Jatim sendiri selama ini didominasi atlet dari Malang, Batu, Surabaya, Kediri, dan Lamongan. Lamongan menjadi juara umum dalam Porprov VI.

    “Banyuwangi kuat juga. Tapi saya kok yakin Jember yang pada 2019 mendapatkan satu emas, bisa dikembangkan menjadi dua atau tiga emas,” kata Bambang. [wir/kun]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar