Olahraga

Jawa Timur Targetkan 136 Medali Emas di PON Papua

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 543 atlet Jawa Timur (Jatim) dilepas Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Kamis (9/9/2021) di Gedung Negara Grahadi.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim, Erlangga Satriagung menegaskan seluruh atlet sudah dalam keadaaan siap tanding. “Persiapan akhir sudah dilakukan, ini tinggal berangkat,” ujarnya usai pelepasan.

Erlangga mengaku optimis bahwa kontingen asal Jatim dapat memenuhi target 136 medali emas di PON XX Papua. Namun, target ini diakuinya menurun dibandingkan pada PON Jawa Barat lalu karena ada beberapa cabang olah raga yang tidak berangkat. “Karena ada 10 cabor (cabang olahraga) yang hilang (tidak ada di PON Papua), memang kita kehilangan 36 emas,” katanya.

Lebih lanjut, Erlangga juga membeberkan sejumlah cabor yang menjadi andalan kontingen Jatim dalam perhelatan PON. Ia menyebut, ada cabor menembak, atletik, panahan, selam, renang, tenis lapangan, panjat tebing, wushu hingga gulat. “Insya Allah gulat tujuh emas, ada 15 cabor unggulan yang Insya Allah bisa menuhi target kita termasuk renang,” tegas dia.

Kendati mematok target tinggi, Erlangga tetap mewanti-wanti agar semua atlet fokus dan tidak jumawa. Sebab, pandemik COVID-19 membuat peta persaingan antaratlet di setiap cabor menjadi ‘gelap’. “Hampir tidak ada lomba di internasional maupun nasional,” ucapnya.

“Nah, ini sama juga yang lain sama gelapnya. Tapi kita punya emas gemuk dan kurus. Emas gemuk gak mungkin jadi perunggu kecuali cedera. Karena sudah di atas kertas. Begitu kalkulasinya,” pungkas Erlangga.[way/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar