Olahraga

Jawa Timur Siap Jadi Tuan Rumah Porwanas 2020

Lampung (beritajatim.com) – Rombongan peserta Rapat Kerja Nasional Luar Biasa (Rakernaslub) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI sudah merapat di Lampung. Sebanyak 27 provinsi dari 35 anggota SIWO telah berdatangan, Kamis (24/10). Mereka dijadwalkan akan mengikuti Rakernaslub SIWO PWI 2019 di Pulau Tegal Mas Kabupaten Pesawaran, Jumat (25/10/2019).

Kedatangan mereka di Balai Wartawan Solfian Ahmad disambut Sekretaris PWI Lampung Nizwar dan Ketua SIWO setempat Edi Purwanto. Diketahui, Rakernaslub tersebut untuk menentukan tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) 2020 setelah Papua menyatakan ketidaksiapannya.

Baca Juga:

    Sejauh ini, sudah 27 SIWO provinsi merangsek ke Lampung. Sedangkan, tujuh provinsi daerah tidak hadir: Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara. Solo juga menyatakan tidak bisa mengikuti Rakernaslub. “Mohon maaf kami tidak bisa berangkat ke Lampung. Tapi kami menghormati segala keputusan Rakernaslub. Intinya kami siap mensukseskan Porwanas 2020 di Jawa Timur,” kata Ronald, Ketua SIWO PWI Solo.

    Rakernaslub yang kali pertama digelar sepanjang sejarah ini memang untuk menentukan tuan rumah Porwanas 2020. Sejauh ini Jawa Timur sudah menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah. “Secara resmi kami sudah mengajukan surat permohonan ke SIWO PWI Pusat dan PWI Pusat. Kami juga sudah mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Timur. Kami siap menggantikan Papua sebagai tuan rumah penyelenggara pada 2020,” ujar Erwin Muhammad, Ketua SIWO PWI Jawa Timur.

    Erwin menyatakan, pihaknya akan mempresentasikan kesiapan Jawa Timur, yang langsung disampaikan oleh Ketua PWI Jatim dan Kepala Biro Humas Pemprov Jatim pada Rakernaslub yang digelar Jumat (25/10). Mereka juga akan menunjukkan surat dukungan dari PWI Jawa Timur dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

    Rakernaslub SIWO PWI ini akan dihadiri Gubernur Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto serta tamu undangan lainnya. Dalam rakernaslub itu, SIWO PWI Lampung akan memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang berperan dalam kebangkitan olahraga.

    Ada tujuh kategori penghargaan yang diberikan SIWO PWI. Pertama, Gubernur Arinal Djunaidi sebagai Kepala Daerah Pembangkit Kejayaan Olahraga. Lalu, Bhayangkara Peduli Sukseskan Asian Games dan Asian Para Games 2018 diberikan kepada Kapolda Lampung. Kemudian, kategori Politisi Peduli Olahraga diberikan kepada dua anggota DPRD Provinsi Lampung; Rahmat Mirzani Djausal dan Fahrurozi.

    Keempat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar akan menerima penghargaan sebagai Birokrat Peduli Olahraga. Selanjutnya, Pengusaha yang Berperan Aktif pada Pembinaan Olahraga diberikan kepada pemilik Rumah Makan Kayu Liliyana Ali. Terakhir, penghargaan khusus SIWO PWI Lampung atas peran aktif mendukung agenda dan kegiatan SIWO diberikan kepada Owner Pulau Tegal Mas Thomas Aziz Riska. [kun]

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar