Iklan Banner Sukun
Olahraga

Jaring Pesepakbola di Pondok Pesantren, PSSI Jatim Gulirkan Liga Santri 20 Juni

Dyan Setyo Rini, Sekjen PSSI Jatim saat bersama para pengungsi gunung Semeru main sepak bola bersama.

Surabaya (beritajatim.com) – Liga santri kolaborasi antara TNI AD dengan PSSI Pusat di wilayah Jawa Timur akan bergulir 20 Juni 2022 mendatang. Rencananya pembukaan digelar di Jombang akan dimulai dengan putaran kabupaten/kota perwilayah, salah satunya Jawa Timur.

Dyan Puspito Rini, Sekjen PSSI Jawa Timur mengatakan jika pihaknya sudah siap menggelar putaran liga santri di wilayah Jawa Timur, setidaknya direncanakan tujuh titik wilayah serentak akan dilakukan babak penyisihan pada 20 hingga 30 Juni mendatang.

“Ya untuk liga santri putaran kabupaten atau kota ini di Jawa Timur akan dilakukan 20 Juni mendatang di Jombang. Rencananya pembukaan akan dihadiri Kasad TNI AD dan Ketum PSSI Pusat,” ungkap wanita yang kerap disapa Ririn ini, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut dikatakan Ririn, berkaca dari liga santri sebelumnya, tujuan diadakan kompetisi ini bukan hanya mencari bibit muda untuk bisa melaju ke jenjang berikutnya seperti PON hingga tim nasional. Beberapa Kyai pondok pesantren yang mengikuti kompetisi ini pun berpesan jika kompetisi ini dilakukan seadil-adilnya sesuai dengan kemampuan pemain untuk bisa menjadi seorang pesepakbola dengan karir yang cemerlang.

“Jadi ada pesan dari para kyai yang kemarin kita kunjungi ke beberapa pondok pesantrennya supaya tim scouting benar-benar mencari pemain yang benar-benar terlihat bakatnya di sepak bola. Jangan sampai terjadi lagi ada pemain yang seharusnya tidak bermain dan tidak berbakat terpilih menjadi pemain dan ini adalah catatan besar buat asprov untuk mewaspadai hal ini,” imbuhnya.

Sementara itu ditanya target PSSI Jawa Timur dengan kompetisi liga santri ini bukan hanya mencari bibit muda untuk mempersiapkan Porprov ke VIII mendatang hingga untuk kualifikasi pemain PON Sumatra 2024 mendatang. Pasalnya PSSI Jatim nantinya akan menurunkan tim scouting talent untuk melihat performa dan kualitas pemain liga santri karena ini adalah acuan untuk mempersiapkan pesepakbola muda Jawa Timur.

“Jadi untuk dipenyisihan ini kami juga menyiapkan tim scouting talent juga untuk dipersiapkan beberapa multievent, karena karena presentasinya 50 presentasinya dari hasil porprov dan sisanya beberapa bisa kita dapat dari kompetisi seperti ini salah satunya liga santri,” ujarnya.

Selain itu nantinya para pemain ini akan diambil untuk kualifikasi pemain timnas Indonesia,’Liga tahunan ini juga dipersiapkan untuk mencari talenta sepakbola Indonesia. Karena tidak sedikit pemain profesional yang membela timnas berasal dari pondok pesantren,” tutupnya.[way/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar