Iklan Banner Sukun
Olahraga

James Rodriguez, Totti, dan Nasib Pemain Nomor 10 yang Akan Punah! Ini Alasannya

Foto James Rodriguez (Tangkapan Layar Instagram @jamesrodriguez10)

Surabaya (beritajatim.com) – Seiring perkembangan dunia, gaya permainan sepak bola pun banyak mengalami revolusi. Hal itu lantas menjadikan pemain no. 10 mulai jarang ditemukan, bahkan bisa dikatakan akan segera punah.

Alasan utamanya sebab gaya sepak bola lebih condong pada arah keseimbangan tim. Apalagi garis pertahanan tim seringkali begitu tinggi sehingga ruang kosong menjadi lebih sempit.

Pada akhirnya, pemain no. 10 tidak memiliki ruang untuk memikirkan permainan. Hal ini merupakan pendapat yang dilontarkan legenda Milan, Kaka, yang dulu juga berposisi pemain no. 10.

Alasan kuat yang mendasari kepunahan pemain no. 10 yaitu sepak bola modern lebih mengandalkan pemain box-to-box. Pemain tipe ini memang cocok dengan sepak bola saat ini. Saat sepak bola dulu mengandalkan pemain no. 10 karena tempo permainan yang lambat, kini permainan berubah menjadi cepat.

Oleh sebab itu, pemain box-to-box lebih diandalkan karena mampu turun-naik alias bisa seimbangan antara menyerang maupun bertahan. Berbeda dengan pemain no. 10 yang kerap malas untuk ikut bertahan. Sepertinya, hampir semua tim sudah punya pemain box-to-box demi menjaga keseimbangan permainan.

Salah satu bukti punahnya pemain no 10 dalam sepakbola modern terjadi di Serie A Italia. Pemain no. 10 memang identik dengan Serie A seperti Roberto Baggio dan Francesco Totti. Namun, bisa dikatakan jika era dari Francesco Totti merupakan era kejayaan terakhir dari adanya pemain no. 10.

Nasib tidak mujur terjadi pada James Rodriguez dan Isco Alarcon. James dan Isco memang pernah eksis, apalagi saat masih dilatih Carlo Ancelotti.

Namun, karir James meredup akibat kurang cocok dengan taktik yang ada sehingga membuatnya sampai terasingkan ke Qatar. Sementara itu Isco di Madrid sudah jarang jadi pilihan Ancelotti jilid 2.

Setidaknya, masih ada pemain no. 10 yang masih eksis seperti Bruno Fernandes maupun Dani Olmo. Meski kedua pemain itu sudah seringkali ditempati pada posisi lain. Terlebih lagi sepakbola modern memang seolah tidak memiliki tempat baik bagi pemain no 10 ini. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev