Iklan Banner Sukun
Olahraga

Jaga kebugaran Tubuh dan Perkuat Nasionalisme, PDIP Sidoarjo Senam Sicita

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ratusan kader PDI Perjuangan (PDIP) dan masyarakat, melakukan senam bareng, Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) Jumat (20/5/2022).

Acara dilaksanakan di sejumlah tempat. Semisal di Perum TAS 5 Kecamatan Prambon, Grand Royal Regency Kecamatan Taman, Rumah Aspirasi Indah Kurnia di Kecamatan Waru dan berbagai tempat pada kelompok – kelompok kecil.

Menurut Ketua DPC PDIP Sidoarjo Sumi Harsono, pelaksanaan senam Sicita untuk mengajak warga masyarakat dan anggota partai untuk bersama-sama menjaga kebugaran tubuh di masa transisi pandemi Covid-19 menuju endemi.

“Selain menjaga kebugaran tubuh, juga penguatan nasionalisme, kecintaaan kepada bangsa dan negara Indonesia. Apalagi hari ini adalah perayaan Hari Kebangkitan Nasional,” kata Sumi.

Sebab, kata dia, dalam setiap gerakan dalam senam Sicita menyimbolkan nilai-nilai Pancasila. Misal pada gerakan tangan kanan di bahu kanan dan tangan kiri di pinggang yang menyimbolkan gotong royong atau bahu membahu.

Kemudian gerakan hormat dengan posisi tangan kanan di pinggang sebagai penghormatan kepada orang-orang lain. “Suasana nasionalisme pada senam ini juga semakin terasa, karena iringan lagunya memadukan sejumlah lagu nasional, juga lagu kebyar-kebyar,” kata Sumi Harsoni usai mengikuti senam di Prambon.

Terpisah, di lokasi senam Desa Wage Kecamatan Taman, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo dari Fraksi PDIP Bambang Riyoko mengatakan, warga bersama relawan Garda Puti Soekarno cukup antusias mengikuti senam.

“Sejak jam 05.30, peserta sudah siap di lokasi untuk menunggu arahan dari instruktur senam di Jakarta (DPP PDIP) melalui daring, guna memulai senam secara serempak secara nasional,” Wakil Ketua DPRD Sidoarjo itu.

Bendahara DPC Sidoarjo yang juga Ketua Fraksi Suyarno mengatakan, sembilan wakil rakyat dari PDIP juga turut hadir di lokasi. “Untuk teman-teman fraksi juga turut senam bersama masyarakat di kedua titik tersebut,” terangnya.

Sicita dimata Pesenam Profesional
Banyak kreasi senam yang dikembangkan berbagai kelompok maupun komunitas. Namun, Sicita memiliki kenaikan tersendiri, bagi instruktur senam asal Prambon, Istina.

Menurut dia, setiap gerakan Sicita memperhatikan aspek kesehatan maupun keceriaan. “Ada gerakan pemanasan, utama, hingga pendinginan. Ritme bagus, ditunjang dengan lagu-lagu nasional. Sehatnya dapat, cinta tanah airnya juga dapat,” tambahnya.

Istina yang memimpin langsung pelaksanaan senam Sicita di Prambon menambahkan, kebutuhan untuk membakar kalori dan lemak secara sempurna dengan senam Sicita bisa dilakukan 3 sampai 4 putaran. “Setiap putaran Sicita durasinya 8 menit. Untuk pesenam biasa, bisa 3 putaran atau sekitar 20 menit. Untuk pro bisa 5 sampai 5 putaran,” papar atanya. (isa/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar