Olahraga

Jacksen Ungkap Kunci Kemenangan Persipura di Kandang Persebaya

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago

Surabaya (beritajatim.com) – Kemenangan perdana Persipura di kandang Persebaya, disambut baik oleh sang pelatih Jacksen F Tiago. Jacksen mengatakan, hasil itu merupakan pembenahan tim setelah kalah dari Borneo FC.

Pelatih Persipura Jacksen F Thiago mengatakan timnya sudah melakukan evaluasi secara besar setelah kalah atas Borneo FC 0-2 di pekan lalu. Bahkan waktu yang singkat ia pergunakan untuk melihat permainan Persebaya di laga sebelumnya. Meski begitu, Jacksen tak mengungkapkan hal-hal yang membuat keuntungan timnya bisa mencuri poin.

“Kemenangan ini berkat hasil dari kekalahan dari Borneo lalu, jadi kami lakukan evaluasi dan pemain sudah digembleng selama seminggu untuk memperbaiki kesalahan,” kata Jacksen usai pertandingan, Jumat (13/3/2020).

Bukan hanya karena faktor tersebut, bagi pelatih berdarah Brasil ini, dirinya juga sudah menganalisa kekurangan Persebaya. Terutama pada lini belakang yang kurang terorganisasi dengan baik. Jacksen juga memerintahkan para pemainnya untuk memperbanyak melakukan tendangan spekulasi jarak jauh. Sebab kiper Persebaya, Rivky Mukodompit sering tak bisa menangkap bola-bola tersebut.

“Jadi kita punya banyak rencana saat menghadapi Persebaya. Dalam meeting, kami punya rencana bahwa kami harus banyak lakukan tendangan spekulai jarak jauh, karena kiper Persebaya kesulitan di saat menangkap tendangan itu,” imbuh dia.

Selama 90 menit, Jacken melihat pertahanan Persebaya cukup longgar terutama di kedua sayap mereka. Oleh sebab itu, Persipura yang memiliki banyak pemain berkarakter cepat, dimainkan untuk merepotkan pertahanan tim besutan Aji Santoso.

“Jadi kami juga melihat sektor pertahanan Persebaya sedikit longgar dan kami bisa memanfaatkan itu. Beruntung pemain kita juga bisa merepotkan Persebaya,” ujar legenda Persebaya ini.

Sementara itu, pemain Persipura Israel Wamiau bersyukur bisa meraih tiga poin di depan Bonek. Sebab dari awal dirinya yakin, menang di Surabaya adalah sesuatu yang tak mudah. Apalagi timnya menang dengan gol yang cukup banyak.

“Kalau dari saya sangat bersyukur bisa ambil 3 poin di kandang Persebaya. Karena ini sangat sulit, apalagi kemarin kami barusan kalah,” ucap Israel.

Israel melanjutkan, setelah Persebaya gagal mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit ke-6, semangat pemain Persipura berlipat ganda untuk memenangkan pertandingan.

“Kalau dari saya setelah Davi da Silva gagal penalti, tentu pemain (Persipura) mendapat kepercayaan diri untuk main lebih tenang. Dan hasilnya kami menang 3-4,” pungkas Israel. [way/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar