Iklan Banner Sukun
Olahraga

Miliki Banyak Kelebihan

Jabar Sharza Beri Angin Segar Bagi Persela

Pemain asing Persela Lamongan berdarah Afghanistan, Jabar Sharza

Lamongan (beritajatim.com) – Pemain sepak bola asal Afghanistan Jabar Sharza dinilai mampu memberikan angin segar bagi Persela Lamongan. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh juru taktik Persela Iwan Setiawan.

Selain itu, dengan kehadiran gelandang serang barunya tersebut, menurut Iwan, akan mampu memberikan spirit bagi Persela untuk dapat tampil lebih baik di seri kedua BRI Liga 1 2021. Oleh karena itu, pelatih berusia 63 tahun ini mengharapkan Jabar Sharza bisa menambah kreativitas dan daya gedor tim berjuluk Laskar Joko Tingkir dalam membombardir lini pertahanan lawan.

“Jabar mudah-mudahan bisa menjadi solusi atas kebuntuan-kebuntuan kita,” ujar Iwan saat ditemui wartawan di Stadion Surajaya Lamongan, Jumat (8/10/2021) sore.

Diketahui, dalam 6 pertandingan yang dijalani oleh Persela di Liga 1 ini, dua laga menang, sedangkan empat laga sisanya kalah. Iwan menyebut, persoalan utama yang mengakibatkan Persela kurang bisa meraih poin penuh adalah minimnya kreativitas pemainnya.

Iwan menambahkan, lantaran minimnya kreatifitas tersebut, serangan yang dibangun oleh para pemain muda Persela terlalu mudah dibaca dan dipatahkan oleh pemain belakang lawan. “Contoh saat melawan Persita Tangerang, di mana kita bermain dengan 11 orang dan unggul jumlah pemain dari Persita yang hanya dengan 10 pemain. Sebenarnya kreativitas itulah yang dibutuhkan,” tuturnya.

Sehubungan dengan hal itu, pelatih asal Medan tersebut menekankan bahwa dalam setiap sesi latihan yang digelar, pihaknya selalu memberikan porsi untuk mengasah serangan. Namun hingga saat ini belum terlihat progres permainan yang membuatnya puas.

“Kembali latihan yang selalu kita lakukan dan kembali saya agak sedikit nggak nyaman, kalian bisa lihat, compact defense lumayan, tapi begitu counter attack, 5 (pemain) lawan 2 (pemain bertahan) sering enggak gol. Ini yang menjadi masalah,” bebernya.

Kendati demikian, Iwan menyadari bahwa butuh waktu untuk membenahi performa Persela agar bisa lebih baik. Menurut Iwan, tim asuhannya itu dihuni banyak pemain muda yang masih minim jam terbang, sehingga juga dibutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan yang lebih.

“Mungkin saya harus lebih bersabar. Karena saat ini saya bekerja dengan pemain-pemain muda. Pemain-pemain yang sekarang menjadi pemain inti di kita, terutama yang di depan ya, adalah pemain-pemain yang tahun lalu hanya sebagai pengganti,” terangnya.

Jabar Sharza

Selanjutnya, untuk mendongkrak performa Persela di seri kedua BRI Liga 1 2021, Iwan akan lebih memeras keringat dalam mengatur strategi dan menumbuhkan kepercayaan diri para pemainnya. Sekaligus memaksimalkan peran Jabar Sharza dalam skuadnya.

Berdasarkan informasi yang diserap dari Iwan Setiawan, pemain berusia 27 tahun tersebut juga memiliki kelebihan. Salah satunya bisa bermain di beberapa posisi, sehingga Iwan memiliki lebih banyak pilihan dalam menempatkan Jabar dalam skema permainan serta takticalnya.

“Dia (Jabar Sharza) menyampaikan ke saya bisa di 3 posisi. Pertama dia bisa main di posisi nomor 8 (gelandang), yang kedua dia bisa main di nomor 10 atau second striker, terus yang ketiga yang saya suka, dia bisa main di winger. Itu nanti yang akan kita coba,” pungkasnya. [riq/suf]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar