Olahraga

Iwan Setiawan Jadi Pelatih Persela

Iwan Setiawan

Lamongan (beritajatim.com) – Sosok pelatih baru yang akan memimpin Persela Lamongan telah terkuak. Manajemen Klub Laskar Joko Tingkir resmi memutuskan Iwan Setiawan sebagai pelatih baru untuk menangani Tim dalam Liga 1 2021/2022.

“Iya benar. Kami telah memutuskan Iwan Setiawan sebagai pelatih Persela,” ujar Yuhronur Efendi (YES) selaku Pembina dan Penasihat Persela, Rabu (2/6/2021).

Setelah melalui pertimbangan, YES menambahkan, Pelatih kelahiran Medan tersebut ditunjuk sebagai nahkoda baru Persela menggantikan Nilmaizar yang terhenti pada 2020 akibat pandemi Covid 19. Diketahui, jabatan pelatih kepala Persela secara resmi sebenarnya lowong sejak awal tahun 2021.

“Keputusan tersebut dilakukan dengan berbagai pertimbangan, setelah coach Iwan memaparkan program kepada manajemen Persela,” terang YES yang juga Bupati Lamongan.

Sebelumnya, di Piala Menpora 2021 manajemen Persela menunjuk Didik Ludianto sebagai pelatih yang selama beberapa tahun terakhir menempati posisi asisten pelatih. Setelah Iwan Setiawan resmi masuk, Didik akan kembali ke jabatannya semula.

Bagi Persela dan suporternya, nama Iwan Setiawan merupakan sosok yang tidak asing lagi. Pelatih yang berlisensi AFC tersebut merupakan juru taktik Persela pada musim 2015 lalu. Walapun perjuangannya kala itu tidak berjalan mulus.

Kerjasama Iwan Setiawan dengan Laskar Joko Tingkir pada waktu itu harus terputus lantaran kompetisi kasta tertinggi Indonesia yang masih bernama Indonesia Super League (ISL) 2015 dengan sponsor QNB tersebut dihentikan saat baru menggulirkan dua pertandingan akibat pembekuan PSSI oleh FIFA. Selain itu, kabarnya kompetisi musim itu ditiadakan karena kisruh sepak bola Indonesia yang terjadi saat itu.

Berdasarkan latar belakang kerjasama yang pernah dilakukan pada 2015, hal itu menjadi satu di antara pertimbangan alasan manajemen menunjuk pelatih berumur 53 tersebut sebagai arsitek Persela Lamongan. “Kita juga ingin melanjutkan kerjasama yang sempat terputus di tahun 2015, karena kompetisi dihentikan,” jelas YES.

YES juga berharap, dengan adanya episode lanjutan kerjasama antara Iwan Setiawan dengan Persela. Hal ini dapat memberikan angin segar dan membawa Persela berprestasi di Liga 1 2021. “Semoga bisa langsung tancap gas dan langsung in dengan para pemain Persela,” harap YES.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jejak rekam Iwan Setiawan tidak bisa dipandang sebelah mata. Iwan pernah sukses membawa Pusamania Borneo FC (kini Borneo Samarinda FC) menjadi juara Divisi Utama pada 2014 sekaligus tiket promosi ke kasta tertinggi. Bahkan, ia juga mempersembahkan trofi Piala Gubernur Kaltim 2016 di tim yang sama.

Kendati demikian, dari beberapa tim yang pernah Iwan tangani, terhitung hampir semuanya tidak bertahan lama karena Iwan kerap berseteru dengan kelompok suporter klub. Tim lain yang pernah ia nahkodai di antaranya Persija Jakarta, PSMS Medan, dan Persebaya Surabaya. [riq/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar