Iklan Banner Sukun
Olahraga

Inilah Pawang Hujan MotoGP di Sirkuit Mandalika yang Bergaji Tiga Digit, Jadi Sorotan Internasional

Rara, saat beraksi menjadi pawang hujan di Sirkuit Mandalika.(Tangkapan Layar Twitter @MotoGP)

Surabaya (beritajatim.com) – Pawang hujan di Sirkuit Mandalika santer beredar di media sosial. Dengan beberapa alat dan peragaan pawang hujan Mandalika beraksi guna menghentikan hujan. Lalu, berapa kira-kira gaji pawang hujan di Sirkuit Mandalika? Ada yang menyatakan sampai tiga digit!

Ajang balap MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika resmi digelar sejak 18 hingga 20 Maret 2022. Tentu saja, banyak cerita menarik di balik perhelatan ini, salah satunya soal pawang hujan yang viral di media sosial.

Pawang hujan umumnya dihadirkan guna menghalau hadirnya hujan yang berpotensi terjadi pada lokasi acara tertentu. Begitu juga yang terjadi selama acara MotoGP berlangsung.


Seorang pawang hujan bernama lengkap Raden Rara Isti Wulandari atau yang kerap disapa Rara diminta khusus oleh pihak Sirkuit Mandalika guna memastikan tidak adanya hujan dalam perhelatan itu.

“Jadi memang dari Dorna dan Mandalikanya minta agar hujannya di pagi saja, sementara siang diusahakan jangan sampai hujan. Jadi buat sekadar basah saja permintaannya,” terang Rara dari videonya yang beredar luas di internet.

Dilansir dari beberapa sumber, Rara adalah seorang pawang hujan kelahiran Papua yang besar di Yogyakarta, saat ini Rara tinggal di Bali. Kini, netizen menjulukinya sebagai Mrs Pawang atau The Prayer.

Rara sang pawang pun lantas menceritakan jika dirinya sudah memulai ritual doa sejak pagi hari. Ia juga telah meletakkan beberapa sesajen di lokasi-lokasi area sirkuit Mandalika.

“Ada beberapa tempat yang saya beri sesajen seperti di bawah race control ini tepat di area masuk pit lane. Lalu ada juga di ujung dekat pintu keluar pit lane dan ada lagi di beberapa titik lain. Sesajennya ya biasa seperti kalau yang kita lihat di Bali sama saya juga ada menaruh beberapa balok es batu,” beber Rara.

Rara sebenarnya bukan sembarang pawang hujan. Sebab dirinya juga pernah menjadi pawang hujan ketika kampanye presiden Jokowi sampai perhelatan Opening Asian Games 2018 lalu. Rara juga sudah berkali-kali dipercaya oleh pemerintah untuk acara-acara nasional.

Dilansir dari akun Facebook pribadinya, Rara sempat menuliskan soal honor yang diterimanya. Rara diperkirakan mendapat bayaran hingga jutaan rupiah.

Rara juga pernah menuliskan jika ia secara resmi dipekerjakan Indonesia Tourism Development Corporation selaku perusahaan BUMN pemilik Sirkuit Mandalika dan mendapat honor hingga tiga digit. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar