Olahraga

Ini Ketua Umum KONI Banyuwangi 2019-2023

Mukayin (kanan) terpilih menjadi Ketua Umum KONI Banyuwangi periode 2019-2023.

Banyuwangi (beritajatim.com) – Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) agenda pemilihan ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banyuwangi memutuskan Mukayin sebagai pemimpin baru masa bakti 2019-2023. Rapat pleno pemilihan yang dilaksanakan di Aula Alam Indah Lestari, Karangbendo Banyuwangi dihadiri oleh Pengprov KONI Jawa Timur, segenap pengurus dan anggota cabor KONI Banyuwangi.

Mukayin terpilih secara aklamasi, setelah sebelumnya lolos sebagai calon tunggal ketum induk organisasi olahraga di Bumi Blambangan. Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur ini didukung oleh mayoritas cabor dari 31 pemilik suara sah.

Terpilihnya Mukayin, sekaligus menggantikan Michale Edi Hariyanto dengan masa jabatan empat tahun. Terlebih, politisi Partai Demokrat itu dilantik menjadi anggota DPRD Banyuwangi. “Produk hasil Musorkab legal karena tidak ada aturan yang dilanggar,” kata Ketua Harian KONI Jatim, Muhammad Nabil, Minggu (1/9/2019).

Sebelumnya, Michael sempat melayangkan surat pengunduran diri sebagai ketua umun KONI Banyuwangi. Akan tetapi, surat tersebut ditolak oleh KONI Jawa Timur. “Kami meminta Pak Michael supaya mencari penggantinya. Salah satu cara yang ditempuh dengan menggelar Musorkab. Musorkab ini normal dan tidak melanggar. Tiada larangan untuk mempercepat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KONI Banyuwangi Domisioner, Michael Edy Hariyanto mengatakan, langkah Musorkab untuk mencari pengganti dirinya dilakukan sesuai aturan dan AD/ART. Langkah yang dilakukan Michael tepat karena masa jabatannya akan berakhir 4 bulan lagi.

“Karena saya sudah tahu akan terpilih dan dilantik menjadi anggota DPRD, maka saya berkomunikasi dengan pengurus Provinsi dan hasilnya saya tidak boleh menjadi ketua. Akhirnya saya membentuk tim penjaringan dan penyaringan ketua sesuai arahan provinsi dan AD/ART tahun 2017,”

“Karena waktunya tinggal sebentar lagi, kalau mau mengangkat Plt juga tidak pas hanya 4 bulan lagi sementara ada tugas yang harus diselesaikan. Maka pilihannya Musorkab atau Musorkablub dan ada opsi pertama yaitu Musorkab,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Banyuwangi terpilih Mukayin bersyukur musyawarah berjalan lancar. Kedepan pihaknya berjanji akan membawa olahraga di Bumi Blambangan semakin berprestasi.

“Setelah ini saya akan merangkul semua, meminta dukungan kepada semua pengurus cabor untuk mengurus KONI Banyuwangi. Karena, sejatinya saya bukan pemimpin tanpa dukungan semuanya. Jangan ada lagi rasa iri demi prestasi olahraga di Banyuwangi,” tandasnya. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar