Iklan Banner Sukun
Olahraga

Hari ini, Ian Rush Kembali dari Juve ke The Reds

Ian Rush [foto: This Is Anfield]

Surabaya (beritajatim.com) – Terlahir dengan nama lengkap Ian James Rush di kota St. Asaph, Wales pada 20 Oktober 1961, Ian Rush merupakan mantan pemain sepakbola Timnas Wales periode 1980-1996. Selama berkarir sebagai pesepakbola, Rush berposisi sebagai penyerang. Nama Rush dikenal oleh publik pecinta sepakbola ketika bermain untuk Liverpool.

Sebelum moncer bersama klub asal Merseyside itu, Rush memulai karir sebagai pemain di klub Chester City. Bersama Chester City, ia menorehkan 14 gol dalam 34 kali tampil bermain. Golnya saat melawan Newcastle United pada putaran ketiga Piala FA membuat namanya mulai dikenal oleh publik.

Penampilan moncer bersama Chester City menarik perhatian beberapa klub papan atas Inggris. Ian Rush sendiri tidak menampik jika ia merupakan seorang penggemar Everton saat masih muda. Namun, klub rival sekotanya (Liverpool) yang kemudian mampu mendapatkan jasa Rush. The Reds merogoh kocek 300 Ribu Poundsterling untuk mendatangkan Rush dari Chester City. Selama mengenakan jersey kebesaran merah milik Liverpool, Rush membela di dua periode berbeda.

Sempat hengkang ke Juventus selama dua tahun mulai 1986–1988, namun kembali dipinjamkan ke Liverpool pada musim 1986/87. Kebersamaan Rush dengan klub asal Turin ini tak bertahan lama karena dikabarkan ia tidak bisa berkarir terlalu jauh dari rumah. Tetapi beberapa pengamat berkata bahwa kesulitan adaptasi gaya bermain Italia membuat performa Rush tidak sebagus saat bermain untuk Liverpool.

Tepat hari ini, 18 Agustus 1988, Rush kembali ke Anfield dengan banderol 2,7 Juta Poundsterling. Kembalinya Rush ke Liverpool langsung dibuktikan dengan torehan cemerlang. Total 660 kali penampilan bersama The Reds dan 346 gol telah dicetak Rush. Bersama Liverpool pula ia mampu mengangkat trofi Piala Eropa sebanyak dua kali pada musim 1980/81 dan 1983/84. Kemudian lima kali juara Liga Inggris, serta tiga kali juara Piala FA. Karir Rush kemudian di tutup dengan berlabuh ke klub asal Australia, Sydney Olympic musim 1999/20 dengan hanya mencatatkan dua kali penampilan serta satu gol. (adn)


Apa Reaksi Anda?

Komentar