Olahraga

Hanya Dua Sekolah Sepak Bola di Jember yang Terafiliasi

Try Sandi Apriana

Jember (beritajatim.com) – Hanya ada dua sekolah sepak bola (SSB) terafiliasi di Kabupaten Jember yang tercatat di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola PSSI Provinsi (Asprov) Jawa Timur. Tidak semua klub anggota internal Asosiasi Sepak Bola PSSI Kabupaten (Askab) Jember memiliki SSB.

Wakil Ketua Umum Asprov Jatim Amir Burhanudin mengatakan, kewenangan PSSI kabupaten dan kota adalah memutar kompetisi kelompok usia. “Melaksanakan kegiatan sepak bola lain boleh-boleh saja. Tapi yang pokok adalah youth development, menggelar kompetisi kelompok umur,” katanya.

“Silakan diperbanyak jumlah SSB terafiliasi, karena di data kami Jember baru ada dua SSB. Kami yakin di Jember ada puluhan SSB,” kata Amir. Dua SSB itu adalah Hercules dan Jember Putra.

PSSI tidak membatasi jumlah SSB terafiliasi. “Cuma ada syaratnya: harus berbadan hukum, punya logo, pelatih bersertifikat, punya fasilitas latihan, harus punya pembinaan kelompok umur minimal dua tingkat, harus mempunya fisioterapi, macam-macam ada ketentuannya semua. Verifikasi melalui askab dan askot, nanti direkomendasi ke PSSI Jawa Timur dan PSSI Jawa Timur menetapkannya,” kata Amir. Dengan adanya SSB terafiliasi, seluruh data pemain akan terpantau PSSI.

Try Sandi Apriana, calon ketua umum Askab PSSI Jember terpilih 2021-2025, akan memutar kompetisi kelompok umur segera. “Kita ini kan menjaring bakat. Kalau bisa menjaring bakat tidak hanya di kelompok umur itu saja, tapi juga di SSB seluruh Jember kita sudah tahu potensi-potensi sejak anak duduk di sekolah dasar atau bahkan playgrup,” katanya.

Sandi berniat memperbanyak jumlah SSB. “SSB di Jember seharusnya berjumlah puluhan atau bahkan ratusan. Tapi persyaratannya untuk bisa jadi SSB terafiliasi luar biasa. Untuk Jember, rata-rata pelatihnya belum bersertifikat. Semua pelatih dan wasit harus kita sertifikasi,” katanya.

Saat ini, tidak semua klub internal anggota Askab PSSI Jember memiliki SSB. Beberapa klub internal yang punya SSB adalah Pordes, Anak Manja, Tunas Perkasa, Satria Tama, Biting Putra Jaya, Arsenal FC Jember, Bina Bola, Bima Putra, Glory, Persijatim, Victory Cendana, Barcelona, Ansor, Bina Putra, Doger, Putra Pagah, Bintang Doger, Astex, Persekap, Porsep Paleran, IM Baru, Putra Kalisat.

Satu klub lagi adalah Putra Arjasa yang akan merger dengan Macan Selatan berganti nama menjadi Macan Selatan. “Merger akan dilakukan di kongres tahunan,” kata Andik Slamet, Bendahara Askab PSSI Jember 2017-2021, Selasa 925/5/2021).

Apa yang akan dilakukan Askab PSSI Jember agar jumlah SSB terafiliasi bertambah? “Kita cari sponsor dulu supaya turnamen di tingkat anak kecil pun ada sponsornya. Kita bisa cari dana dari CSR (Corporate Social Responsibility) untuk bisa menjadi sponsor yang tidak terkover pemerintah daerah,” kata Sandi. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar