Iklan Banner Sukun
Olahraga

Haaland Akan Bergabung Ke Man City, Jurgen Klopp: Transfer Ini Menciptakan Level Baru!

Erling Haaland yang dikabarkan segera pindah ke Man City. (Tangkapan Layar Instagram @fabriziorom)

Surabaya (beritajatim.com) – Manchester City tinggal selangkah lagi memperoleh properti terpanas di bursa transfer saat ini, Erling Haaland. Dengan mahar 75 juta poundsterling disepakati, Haaland akan segera berseragam The Citizens usai menjalani tes medis.

Jika Haaland bergabung, maka rival City termasuk Liverpool jelas merasa takut dan was-was. Juergen Klopp selaku pelatih dari Liverpool menyadari pindahnya Erling Haaland bakal membuat City kian kuat dan berefek pada bursa transfer pada masa mendatang.

Meski demikian, Klopp tak ingin memusingkan hal itu. Sebab dia dan tim harus fokus untuk membangun skuad Liverpool yang tangguh. “Saat meneken kontrak baru, saya tahu City bakal terus mengembang tim. Namun, bahagia kami tidak ditentukan City, tapi diri kami sendiri dan kami bisa melakukan itu,” ujar Jurgen Klopp di Sky Sports.


“Jika Erling Haaland pindah ke City, maka City akan semakin lebih kuat tentu. Saya rasa sudah banyak yang bicara soal transfer ini. Saya tahu ada banyak omongan di luar sana soal uang. Tapi menurut saya transfer ini akan menciptakan level baru,” sambung Klopp lebih lanjut soal kepindahan Haaland.

Kejadian ini mengingatkan proses transfer Neymar ke Paris Saint-Germain usai membuat harga pemain jadi gila-gilaan. Pindahnya Erling Haaland ke Manchester City juga bakal punya efek yang sama.

Lima tahun lalu, PSG tanpa dikira-kira mampu menebus klausul kontrak Neymar senilai 220 juta euro. Barcelona pun tak dapat berbuat apa-apa, sehingga mesti merelakan kepindahan sang pemain, Neymar.

Setelah kejadian itu, harga pemain di pasaran menjadi tidak terkendali dan cenderung sudah rusak. Sebab klub-klub dengan mudah terpancing untuk membeli pemain dengan harga luar biasa.

Kejadian lain juga, saat Manchester City yang membeli Jack Grealish 100 juta poundsterling, Manchester United yang menebus Harry Maguire 80 juta poundsterling atau saat membeli Jadon Sancho 82 juta poundsterling.

Belum lagi Chelsea bisa memboyong Kai Havertz dengan mahar 90-100 paun dan Romelu Lukaku dengan harga 110 juta paun.

Paradigma ini mulai makin meluas selama lima tahun terakhir sehingga harga pemain pun tak goyah. Kendati tengah terjadi pandemi COVID-19, turunnya harga pemain hanya terjadi sebentar. Sebab, dinamika bursa transfer akan bakal berubah pesat di tahun ini. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar