Olahraga

Gowes Kemerdekaan, Komunitas Gowes di Tuban Tempuh Jalur 75 KM

Tuban (beritajatim.com) – Dalam rangka semarak HUT ke-75 Kemerdekaan Repbulik Indonesia, puluhan warga pecinta Gowes dari berbagai komunitas yang ada di wilayah Kabupateb Tuban melakukan kegiatan Gowes Kemerdekaan dengan menempuh jalur sepanjang 75 kilometer, Minggu (16/8/2020).

Kegiatan Gowes Kemerdekaan itu diselenggarakan oleh komunitas Jenu Bike Lovers (JBL) dengan start dari Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Yang mana untuk jumlah peserta yang ikut dalam gowes tersebut jumlahnya juga dibatasi sebanyak 75 orang peserta dengan sesuai dengan kemerdekaan RI tahun ini.

Gowes dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI tersebut diikuti beberapa komunitas pecinta gowes yang berada dari sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban ini. Seperti komunitas pecinta gowes dari Kecamatan Tuban, Kecamatan Palang dan Kecamatan Merakurak, Bancar dan juga komuitas dari wilayah Kecamatan Jenu itu sendiri.

“Jumlah peserta dalam Gowes Kemerdekaan ini pesertanya sebanyak 75 orang dengan menumpuh jarak sepanjang 75 kilometer. Ini sesuai dengan semarak HUT ke 75 Republik Indonesia,” terang Syaifun Nasir, selaku ketua panitia penyelenggaran kegiatan Gowes Kemerdekaan 75 kilometer itu.

Tak hanya sekedar gowes, puluhan peserta yang ikut dalam kegiatan itu juga membawa bendera merah putih yang dipasang pada setiap sepeda milik peserta. Sehingga dengan membawa bendera merah putih berkeliling Tuban sepanjang 75 kilometer itu, mereka bisa memeriahkan semerak kemerdekaan RI di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang masih belum usai.

“Pesertanya yang ikut mulai dari kalangan remaja sampai dengan orang tua. Tidak adanya laki-laki, ada beberapa peserta cewek yang juga ikut dalam memeriahkan Gowes Kemerdekaan ini,” tambah Saifun, saat persiapan berangkat gowes tersebut.

Sementara itu, untuk rute yang dilalui dalam Gowes Kemerdekaan 75 kilometer itu start dari Kecamatan Jenu, Tuban kemudian mengarah ke Kecamatan Merakurak dengan melalui jalan-jalan kecil dan sampai di Kecamatan Kerek, Tuban. Dari wilayah Kecamatan Kerek kemudian melewati Kecamatan Tambakboyo dan dilanjut ke barat sampai wilayah Kecamatan Bancar yang kemudian kembali finis di Kecamatan Jenu, Tuban.

“Kita memilih kegiatan Gowes dalam rangka memperingati HUT RI ini karena memang sekarang lagi marak-maraknya gowes untuk semua kalangan baik yang muda maupun yang tua. Harapannya dengan gowes seperti ini, kita bisa selalu menjaga kesehatan di tengah-tengah situasi seperti saat ini dan kita bisa bersilaturahmi dengan teman-teman klub gowe yang lainnya,” pungkasnya.[mut/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar