Olahraga

Gelar Seleksi, Bima Sakti Panggil 25 Pemain

Pelatih Timnas U16 Bima Sakti. [Foto/pssi.org]

Jakarta (beritajatim.com) – Tim nasional Indonesia U16 akan kembali menggelar seleksi dan pemusatan latihan lanjutan, kali ini mereka akan berlatih di Bekasi, mulai 9 Maret hingga 20 Maret 2020. Sebelumnya, untuk tahun ini, mereka sudah melakukan pemusatan latihan di Sidoarjo dan Yogyakarta.

Pada pemusatan latihan kali ini, pelatih kepala tim, Bima Sakti memanggil 25 pemain, termasuk tiga diantaranya adalah pemain-pemain yang dia pantau bersama staf pelatihnya selama gelaran Piala Soeratin U15 yang telah berlangsung saat di Yogyakarta, Magelang dan Solo.

Tiga pemain tersebut, adalah kiper yang bernama Aditya Ramadhan dari klub PSSA Asahan, Sumatera Utara, Yanari Ipung Kurniawan dari Gabsis Sambas Kalimantan Barat pemain tengah sekaligus pemain terbaik di Piala Soeratin U15, dan rekan satu timnya, Krisna Sulistia Budianto dari Gabsis Sambas Kalimantan Barat yang merupakan pencetak gol terbanyak di gelaran tersebut.

“Tiga orang pemain tersebut merupakan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan tim, mereka hasil pemantauan saya dan tim pelatih saat gelaran Piala Soeratin U15, yang sejalan saat kami menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta. Terima kasih untuk PSSI, dengan adanya Piala Soeratin U15 dan juga Elite Pro Academy U16, saya bisa mendapatkan pemain. Saya berharap ini terus dilakukan federasi. Untuk pemain, harapannya adalah supaya mereka bisa cepat beradaptasi di timnas dan bisa membuktikan diri, kalau mereka memang layak dipanggil,” jelas Bima sebagaimana dikutip dari laman resmi PSSI.

“Aditya (kiper) dirinya telah bermain sangat baik dalam menjaga gawangnya selama di Piala Soeratin U15, kemudian dua orang dari Gabsis Sambas Kalimantan Barat, Yanari dan Krisna, kapasitas mereka sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak membuat saya ingin melihat kembali kemampuan mereka saat bergabung bersama pemain lainnya di tim ini nanti,” ujar Bima.

Menurut Bima, selama dua kali seleksi dan pemusatan latihan yang dilakukannya di tahun ini, timnya sudah mengalami perkembangan cukup banyak. “Selama dua kali seleksi dan pemusatan latihan yang kami lakukan, serta beberapa kali uji coba, tim kami mengalami perkembangan dan progres yang banyak,” tuturnya.

“Diantaranya adalah pemahaman taktik saat build up menyerang pertahanan lawan. Jadi mereka sudah bereaksi dengan cepat terhadap serangan lawan,” lanjutnya.

Mengenai pertahanan, Bima juga menilai timnya sudah melakukannya dengan baik. “Lalu mengenai pertahanan dan juga transisinya sudah semakin baik,” tuturnya.

Namun, Bima masih menyisakan catatan selama pemusatan latihan mereka. “Catatannya, mereka kami berikan pekerjaan rumah untuk harus tetap jaga kondisi, makanan dan juga istirahat yang cukup saat libur TC dan kembali ke klub masing-masing. Fisik juga memang harus lebih kita asah kembali nanti di Bekasi,” tutupnya.

Pemusatan latihan tim, sebagai persiapan menuju Piala Asia U-16 2020 di Bahrain. Kegiatan mereka ini akan terus dilakukan secara berkala di tahun ini, itu sudah dimulai dari bulan Januari, hingga nanti turnamen berlangsung. PSSI menargetkan Timnas U-16 meraih juara Piala AFF U-16 dan menembus babak perempat final Piala AFC U-16 2020. [suf]

25 Pemain Timnas U16 TC Bekasi

Kiper:
1. I Made Putra Kaicen – Bali United
2. Raka Octa Bernanda – PSS Sleman
3. Aditya Ramadhan – PSSA Asahan

Belakang:
4. Kadek Arel Priyatna – Bali United
5. Mochammad Aditya Rangga Saputra – Persebaya Surabaya
6. Febrian Tri Yanto – Madura United
7. Marcell Januar Putra – Bali United
8. Mikael Alfredo Tata – Persipura
9. Alexandro Felix Kamuru – Barito Putera
10. Ferre Murarri – Bhayangkara FC
11. Muhammad Faqih Maulana – Bhayangkara FC

Tengah:
12. Frezy Al Hudaifi – Bhayangkara FC
13. Aditya Daffa Al Haqi – Barito Putera
14. Dimas Juliono Pamungkas – Persib Bandung
15. Resa Aditya Nugraha – Persija Jakarta
16. Mochammad Faizal Syaifullah – Persela Lamongan
17. Raka Cahyana Rizky – SSB Bekasi Raya
18. Marselino Ferdinan – Persebaya Surabaya
19. Diandra Diaz Dewari – Persib Bandung

Depan:
20. Ahmad Athallah Araihan – SKO Ragunan
21. Ruy Arianto – Persebaya Surabaya
22. Valeroen – Persib Bandung
23. Wahyu Agong Drajat Mulyono – Persebaya Surabaya
24. Yanari Ipung Kurniawan – Gabsis Sambas
25. Krisna Sulistia Budianto – Gabsis Sambas





Apa Reaksi Anda?

Komentar