Iklan Banner Sukun
Olahraga

Gara-gara Flare, Jember Kena Denda Rp10 Juta

Manajer Tim Sepak Bola Jember Try Sandi Apriana

Jember (beritajatim.com) – Gara-gara penonton menyalakan cerawat (flare) dan bom asap biru dalam pertandingan melawan Kabupaten Pasuruan di Stadion Notohadinegoro, Senin (20/6/2022), Tim Sepak Bola Kabupaten Jember didenda Rp10 juta oleh Panitia Disiplin Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur. Tim Jember dinyatakan telah melanggar Pasal 29 ayat 1 Buku Panduan Sepak Bola Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur VII.

Pasal tersebut secara tegas menyebutkan sanksi yang bisa dijatuhkan bagi tim yang dinyatakan melakukan pelanggaran. Berikut bunyi pasal itu:

Hal-hal yang mengganggu jalannya pertandingan seperti flare, fireworks, smoke bomb, spanduk yang bernada rasis, yel – yel, serta hal lain dapat dikategorikan sebagai sebuah pelanggaran disiplin dan terhadap hal tersebut akan dikenakan sanksi sesuai dengan kode disiplin PSSI.

Manajer Tim Sepak Bola Jember, Try Sandi Apriana, berharap hal serupa tak terjadi lagi dalam pertandingan melawan Jombang, di Stadion Notohadinegoro, Jember, Kamis (23/6/2022) sore.

“Semestinya kita harus meningkatkan keamanan lagi, dengan melakukan pengecekan tas terhadap penonton yang hendak masuk stadion,” katanya.

Meski begitu, Sandi menyadari panitia pelaksana sedang beradaptasi setelah dua tahun tidak pernah menyelenggarakan pertandingan sepak bola yang dihadiri penonton. Tetapi dia menyatakan harus ada sikap tegas agar para suporter bisa mematuhi aturan yang berlaku

“Cuma ini harus kita larang, kita umumkan, siapapun yang menyalakan flare akan didenda. Kita akan denda pihak yang menyalakan flare. Tapi kami akan ingatkan dulu agar jangan ada yang menyalakan flare,” katanya.

Sandi mengatakan, sebenarnya suporter sudah tahu soal aturan ini. “Flare dinyalakan di tribun selatan kemarin setelah pertandingan selesai. Cuma memang ada flare warna biru saat pertandingan di sisi barat. Kalau itu pasti bukan suporter murni, karena kalau suporter murni pasti sudah paham,” katanya. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar