Olahraga

Gabungan Suporter Desak Pembebasan Satu Suporter Timnas di Malaysia

Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan gabungan suporter elemen timnas Indonesia di Jawa Timur (Jatim) mendatangi Kantor Asprov PSSI Jatim, Senin (25/11/2019). Bukan tanpa alasan, mereka datang menuntut pembebasan satu dari tiga suporter yang ditahan di Malaysia atas dugaan terorisme, yakni Andreas Setiawan.

Sebelumnya, Andreas ditahan bersama dua rekan lainnya yakni Ian Prada Wibowo dan Riky Khorudin yang akhirnya dibebaskan. “Kami harap segera dibebaskan,” ucap Tulus Budi, Koordinator Aksi.

Dalam aksinya, para supporter menyanyikan yel-yel khas dukungan untuk timnas garuda. Mereka juga sempat menyalakan flare. Mereka mengaku terdiri dari Bonek, Delta Mania, LA Mania, hingga K-Conk Mania. “Ada yang dari Bangkalan, Lamongan, Mojokerto. Sebagai tuan rumah, Bonek juga pastinya datang,” ujar koordinator aksi, Tulus Budi, Senin (25/11/2019).

Tulus membeberkan kalau elemen suporter timnas kecewa dengan perlakuan pemerintah dan suporter Malaysia. Menurutnya, mereka diperlakukan buruk dan tidak adil. “Ada beberapa yang mengalami luka pukulan, segala macam, ada yang sampai barang-barangnya diambil. Kemudian ada juga yang ditahan karena dianggap mengancam keamanan nasional Malaysia,” ungkapnya.

Lanjut Tulus, dirinya bersama elemen lainnya mendorong PSSI Jatim agar aktif menyampaikan ke Sekjen PSSI, Ratu Tisha mendesak pemerintah Malaysia membebaskan oknum supporter Indonesia yang ditahan. Tak lupa, ia juga meminta Menpora ikut mengatasi masalah ini. “Kami harap ke depannya federasi lebih aktif dalam melindungi suporter bola karena apapun salah atau benar, aktif dulu,” tegasnya. [way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar