Olahraga

Format Liga 1 Putri Dinilai Perlu Pembenahan

Surabaya (beritajatim.com) – Liga 1 putri menjadi sorotan, bahkan Mantan CEO PSS Sleman Viola Kurniawati menilai format Liga 1 putri masih belum bagus. Sebab, masih ada beberapa aspek yang masih banyak disamakan dengan regulasi penyelenggaraan kompetisi sepak bola putra.

Viola mengatakan seharusnya PSSI tidak menggunakan format pertandingan 2×45 menit. Sebab, dari segi fisik, mental, stamina pasti jauh berbeda dibandingkan laki-laki. “Kalau bisa jangan sampai 2×45 menit, karena apa? Agar para pemain putri yang tidak pernah bermain bisa beradaptasi,” kata Viola.

Ia menjelaskan, sebetulnya di Liga 1 putri ini tidak ada regulasi paten yang mengharuskan menggunakan format 2×45 menit. Tapi, PSSI menganggapnya hal itu sama seperti Liga 1 putra. “Mungkin ke depan harus diubah dan disesuaikan dengan kondisi saat ini. Selain itu, Liga 1 putri ini juga belum jelas, masuk di profesional kah atau amatir,” imbuh dia.

Dengan tidak jelasnya status Liga 1 putri masuk profesional atau amatir, Viola melihat banyak pemain putri yang belum nyaman dengan Liga 1 ini, apalagi kompetisi pendek, terus nilai kontrak yang masih jauh dari standar. “Akhirnya ini menjadi awal Liga 1 putri dengan catatan, dan di tahun depan PSSI harus memulai lagi dengan format kompetisi yang matang dan lebih jelas,” ujar wanita yang pernah menjadi staff PT Liga Indonesia Baru (LIB) ini.

Di tahun depan, Viola berharap Liga 1 Putri lebih memiliki banyak klub, jadi tidak hanya berpatokan dengan kontestan Liga 1 putra. Karena di banyak daerah klub-klub putri berpeluang mendaftarkan diri mengikuti kompetisi ini, terlebih statusnya kompetisi ini belum profesional.

“Saya berharap tahun depan PSSI bisa melibatkan tim-tim putri yang tidak harus dari klub-klub Liga 1 putra yang senior. Serta kebanyakan sepak bola putri ini kan statusnya amatir, bukan profesional, nah hal seperti ini agar tidak jadi anomali di masyarakat,” ucap Viola.

Saat ini tim sepak bola Liga 1 putri diikuti oleh 10 klub yang dibagi dalam dua grup. Mereka adalah Persija Jakarta, PSM Makassar, Persib Bandung, PS Tira Persikabo, Bali United, Arema FC, PSIS Semarang, Persipura Jayapura, PSS Sleman, Persebaya Surabaya.[way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar