Olahraga

Finish Sebagai Runner Up Liga 1 dan Berpeluang ke Piala AFC, Pelatih Persebaya: Ini Fantastik!

Aji Santoso, Pelatih Persebaya

Surabaya (beritajatim.com) – Persebaya berpeluang mencicipi kembali ajang kompetisi Asia di musim 2020 mendatang. Hal ini setelah skuad Bajul Ijo, memastikan diri sebagai runner up Liga 1 musim 2019.

Kepastian Persebaya sebagai runner up, seiring hasil laga Persipura Vs Borneo FC yang hanya bermain imbang 2-2 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (22/12/2019). Tak ayal, dengan hasil tersebut, Persipura hanya mengoleksi 53 poin. Sedangkan Persebaya, 54 poin.

Alhasil, dengan posisi Persebaya sebagai runner up, Rachmat Irianto dkk, berpeluang besar mengikuti Piala AFC Cup 2020 jika Bali United, Juara Liga 1 2019 melaju ke babak utama Liga Champions Asia (LCA) 2020 mendatang.

Menanggapi raihan Persebaya dan peluang di ajang Piala AFC 2020, pelatih Aji Santoso mengaku sangat bersyukur. “Alhamdulillah, tentunya semua pengurus, pelatih, pemain dan seluruh masyarkat Surabaya, khususnya Bonek sangat senang dengan prestasi yang dicapai Persebaya saat ini. Ini sangat fantastik menginggat Persebaya sampai pertandingan ke 25 masih terseok-seok di papan bawah. Tapi Alhmadulillah, kita bisa finish di urutan 2,” jelas Aji kepada beritajatim.com.

Namun, lanjut Aji, jika memang nanti benar-benar turun di Piala AFC 2020 dengan harapan Bali United lanjut ke babak utama LCA, maka Persebaya membutuhkan persiapan matang. “Ini kompetisi levelnya sudah tinggi sekelas AFC. Kita harus persipan lebih bagus dan harus punya materi pemain yang mendukung,” ujarnya.

Sayangnya, Aji belum bisa memberikan penjelasan lebih terkait persiapan yang dimaksud. Pasalnya, hal itu membutuhkan kordinasi dengan manajemen. “Tunggu mas, nanti akan dimeetingkan dulu (dengan manajemen,red),” pungkasnya.

Perlu diketahui, Persebaya terakhir mencicipi kompetisi Piala AFC (dulu Piala Winners Asia, red) pada musim 1999-2000. Saat itu, sebagai wakil Indonesia, Persebaya langsung lolos ke babak kedua. Tapi sayangnya, Persebaya harus menerima hasil pahit karena kalah dengan selisih gol 6–0 dari Bangkok Bank Thailand. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar