Iklan Banner Sukun
Olahraga

Finish di Posisi Top 10 MXGP, Ananda Rigi Aditya Ungguli Crosser Malaysia dan Thailand

Lamongan (beritajatim.com) – Crosser muda asal Lamongan, Jawa Timur, Ananda Rigi Aditya mengawali debutnya di Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) dengan cemerlang. Di ajang balap yang digelar di Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada tanggal 24-26 Juni 2022 kemarin Ananda tampil begitu mengesankan.

Meski tampil perdana, Ananda mampu finish di urutan ke-10 dengan torehan 11 poin. Bahkan, dia tampil sesuai target yaitu mampu mengungguli crosser asal Malaysia dan Thailand.

“Alhamdulillah, bisa tampil dan finish di urutan ke-10 di kelas MX2 dalam kejuaraan dunia MXGP kali ini,” ujar Ananda Rigi Aditya saat dihubungi, Senin (27/6/2022).

Dengan keikutsertaannya dalam kasta tertinggi kejuaraan motocross dunia bersama Diva Ismayana dan Delvintor Alfarizi ini, dia mengaku sangat bangga bisa mewakili Indonesia.

Selisih posisi Ananda dengan wakil Indonesia lainnya, Delvintor Al Farizi, sangat tipis. Delvintor mampu finish di urutan ke-9.

“Bangga bisa mewakili Indonesia, sangat mendapat banyak pengalaman sekali tentunya bisa balapan dengan pembalap top dunia,” imbuh Ananda.

Lebih lanjut, menurut Ananda, apa yang sudah diraihnya ini merupakan capaian yang sudah cukup bagus. Pasalnya, lawan yang dihadapinya adalah pembalap dengan kemampuan di atas rata-rata, yang kebanyakan berasal dari pembalap Eropa.

Tak cukup itu, medan sirkuit yang harus dilalui pun memiliki tipikal yang cukup sulit, karena desain medan itu belum pernah ada di Indonesia.

“Urutan klasemen nomor 1 sampai 8 adalah pembalap Eropa, dan nomor 9 adalah pembalap DKI yang pernah sekolah di Spanyol 3-4 tahun. Tapi Alhamdulillah, bisa menang dari pembalap Malaysia dan Thailand,” ujarnya.

Seperti informasi yang diserap dari MXGP Indonesia, Ananda mampu finish dengan kecepatan 40.082 dan total 36:27.939 TM, dalam Grand Prix Rice 2, seri Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) tersebut.

Ananda Rigi Aditya terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang MXGP melalui fasilitas wild card. Meski begitu, prestasi yang sudah dikantonginya cukup banyak. Tercatat, ia sukses meraih podium dalam Kejurnas Grasstrack Region 2 Sulawesi Selatan kelas MX2 open, pada dua minggu yang lalu.

Bahkan, ia juga berhasil menggondol medali emas yang dipersembahkan untuk Provinsi Jawa Timur pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua beberapa waktu lalu. [riq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar