Olahraga

FIFA Cetuskan Five Day Rule Sebagai Ganjaran EPL Larang Pemain Bela Timnas

goal.com

Surabaya (beritajatim.com) – Federasi sepakbola Internasional, Fédération Internationale de Football Association (FIFA) secara resmi mengeluarkan five-day rule demi menindaklanjuti permintaan federasi Brasil (CBF). CBF yang kesal pada peraturan English Premier League (EPL) soal jeda internasional dalam rangka kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 melapor pada FIFA. Hal ini tentu bisa merugikan Timnas Brasil lantaran beberapa pemain kunci mereka saat ini bermain di Liga Inggris.

Sebelumnya klub-klub Liga Inggris sepakat tidak akan melepas pemain mereka ke negara masing-masing di jeda internasional kemarin. Terlebih jika pemain tersebut harus terbang ke negara zona merah, sehingga membuat mereka harus mengisolasi diri selama 10 hari saat kembali.

Beberapa klub yang melarang untuk membela Timnas Brasil yaitu Liverpool, Chelsea, Manchester United dan Manchester City. Dilansir dari BBC Sports yang mengklaim jika hal ini sebagai bentuk balas dendam CBF pada empat klub tersebut

Federasi sepak bola Brasil yang kepalang kesal kemudian melaporkan hal ini ke FIFA, FIFA pun sempat melakukan lobbying dengan pihak EPL juga pemerintah Inggris agar pemain yg kembali setelah membela negara tidak perlu melakukan isolasi, namun gagal. Sehingga tercetuslah five-day rule ini.

Akibat ganjaran Five-day rule ini para pemain yang tidak diizinkan membela negaranya oleh klub EPL dilarang bermain di klub selama lima hari setelah berakhirnya jadwal internasional. Peraturan ini akan terhitung sejak tanggal 10 September hingga 14 September

Tidak hanya itu, sanksi tegas pun akan diberikan jika itu dilanggar. Klub yang menurunkan pemain yang dilarang tampil bisa didenda, sementara pemain bisa mendapatkan sanksi, dan klub itu akan dianggap kalah pada laga tersebut. Hal ini mengacu pada Pasal 22 kode disipliner FIFA.

Dari sanksi Five-day rule ini empat klub raksasa EPL tidak bisa memainkan pemain Brasil mereka lima hari ke depan. Liverpool tidak bisa diperkuat Alisson dan Fabinho. Sementara Manchester City tidak bisa diperkuat Gabriel Jesus. Sementara Manchester United tidak bisa diperkuat Fred, Chelsea tidak bisa diperkuat Thiago Silva. Mereka juga diprediksi tidak dapat tampil pada laga awal Liga Champion.

Perkembangan terbaru, pihak EPL tengah mengajukan banding, mengingat masih ada 2 jadwal laga Internasional lagi. Pihak EPL tengah berusaha untuk cari jalan keluar dan membicarakan keputusan lanjutan dengan pihak FIFA maupun CBF. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar