Olahraga

Fans Bola Surabaya Kumpulkan Donasi untuk Bantu Para Pekerja Jalanan

Komunitas SuperSoccer Surabaya yakni Indomanutd Surabaya saat membagikan paket sembako kepada pekerja jalanan.

Surabaya (beritajatim.com) – Wabah Virus Corona atau COVID 19 telah mengubah wajah Indonesia dan dunia. Akibat banyaknya aktivitas masyarakat dan roda ekonomi yang terhenti, ribuan orang mengalami kesulitan hidup.

Namun situasi ini rupanya telah melahirkan kembali spirit dan jiwa lama masyarakat Indonesia yaitu tolong menolong dan gotong royong. Dan menariknya ini dilakukan oleh berbagai elemen dari beragam latar belakang.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh Fans Indonesia Manchester United (Indomanutd) Surabaya. Melihat banyaknya kesulitan yang dihadapi para pekerja jalanan, para anak-anak muda penggila bola yang tergabung dalam SuperSoccer Surabaya ini tergerak untuk mengumpulkan donasi dan membagikannya kepada para pekerja jalanan. Mulai tukang becak, tukang sapu jalanan hingga para pekerja tak tentu yang ditemui di jalan.

“Alhamdulillah kami bisa mengumpulkan donasi dan kemudian akan memberikannya Faal bentuk sembako kepada pekerja jalanan nanti pada 26 April lalu. Ini adalah yang kedua setelah awal April (3 April) kami memulainya,” kata M Mujib Riduan selalu juru bicara Indomanutd Surabaya, Kamis (15/4/2020).

Mujib berkisah, di awal April lalu Indomanutd Surabaya membagikan sembako hingga 95 paket kepada pekerja jalanan seperti tukang becak, ojek online (ojol), tukang sapu jalanan, pemulung dan mereka yang membutuhkan. Paket sembako itu berisi beras 2 kg, kecap, minyak, serta mie instan.

“Terima kasih kepada teman-teman anggota Indomanutd Surabaya yang telah membuat kegiatan ini terwujud. Semoga donasi ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang hidupnya semakin berat akibat dampak wabah Corona ini,” paparnya.

Indomanutd Surabaya ini memiliki lebih dari 8.000 anggota. Dengan jumlah anggota yang demikian besar, Mujib mengatakan, pihaknya akan kembali membuka program donasi dari para Indomanutd.

Menurutnya, dampak Corona ini membutuhkan kerjasama dan kebersamaan semua elemen masyarakat agar yang kehidupannya susah dapat dibantu.

“Kami anak-anak muda juga bisa belajar bahwa kebersamaan dan tolong menolong itu harus menjadi jiwa kita, di mana pun dan dalam situasi apapun. Seperti halnya ketika kami mendukung MU dalam setiap pertandingan bersama para fans,” imbuh Mujib.

Saat ini Indomanutd Surabaya tengah mempersiapkan rencana pembagian sembako dan bantuan lainnya kepada para pekerja jalanan. Rencananya, setelah donasi terkumpul bantuan itu akan dibagikan pada tanggal 26 April.

Bagi siapapun yang ingin membantu donasi atau berpartisipasi bisa menghubungi kontak Indomanutd Surabaya 081368851927. “Mari kita bersama-sama melawan Virus Corona dengan membantu sesama,” tegasnya.

Koordinator SuperSoccer Surabaya Bimanda Yuswandono menyampaikan apresiasinya atas inisiatif komunitas SuperSoccer Surabaya yang terjun langsung membantu masyarakat dalam situasi sulit saat ini. Apalagi bantuan itu dikhususkan kepada para pekerja jalanan yang karena pekerjaannya terpaksa harus keluar rumah, seperti tukang sapu jalanan, ojol, dan lainnya.

“Komunitas SuperSoccer Surabaya percaya bahwa hal-hal positif yang dilakukan rekan-rekan di Indomanutd ini dapat menjadi inspirasi bagi yang lainnya. Sekecil apapun bantuan kita bisa jadi akan sangat berarti bagi saudara kita yang sedang kesulitan. Kami bangga anak-anak muda para penggemar Bola ini masih memegang teguh warisan budaya kita yaitu tolong menolong dan selalu bersama dalam kesulitan,” ujar Bimanda.(*/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar