Iklan Banner Sukun
Olahraga

Fakta Menarik Seputar Lintasan Sirkuit Mandalika

Tangkapan Layar Instagram @sirkuitmandalika

Surabaya(beritajatim.com) – Sirkuit Mandalika dicanangkan sebagai tuan rumah balapan World Superbike Championship (WSBK) pada tanggal 19 hingga 21 November 2021. Sirkuit ini juga bakal menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia tahun 2022. Sebagai sirkuit berkelas internasional pertama di Indonesia, berikut beberapa fakta menarik tentang lintasan sirkuit yang beberapa hari lalu dijajal langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bukan rancangan sirkuit Hermann Tilke Yonda

Salah satu fakta menarik yang harus diketahui masyarakat Indonesia bahwa Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tidak melibatkan salah satu desainer trek balapan terkemuka yaitu Hermann Tilke guna mendesain sirkuit Mandalika. Justru ITDC menyerahkan tugas ini kepada Populus, perusahaan arsitektur asal Amerika Serikat. Karena sebenarnya tujuan utamanya adalah mempromosikan wisata di Mandalika.

Sirkuit balapan yang paling aman

Usai menunjukan desain trek balapan kepada Direktur Balap Dorna, akhirnya disetujui dengan beberapa revisi. Bukan hanya itu saja, ITDC harus menemui Loris Capirossi yang merupakan Ride Safety Commision untuk memastikan desain yang telah disetujui, ITDC dan MGPA mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika-lah yang paling Aman.

 

Dibuat dengan memakai aspal Stone Mastic

ITDC membuat sirkuit Mandalika berbahan dasar Aspal Stone Mastic sebagai lintasan balapan. Aspal stone mastic merupakan aspal pengembangan terbaru dari Inggris yang memiliki banyak keunggulan, seperti cepat kering saat kondisi basah, teksturnya yang kasar bisa menahan kecepatan 360 km per jam, aspal ini diklaim berbeda dengan aspal biasa.

Pembangunan sirkuit yang cepat

Strategi dan manajemen risiko ITDC bernama Nugdha Achadie menegaskan jika, Sirkuit Mandalika menjadi lintasan balapan yang pembangunannya paling cepat sebab tidak sampai 1 tahun. Ini sudah termasuk pembangunan fasilitas pendukung lainnya seperti bypass yang membuat perjalanan dari bandara ke sirkuit hanya 15 menit saja.

Dapat meningkatkan perekonomian wisata

Ajang Internasional yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika diperkirakan membuka lapangan pekerjaan bagi 7.500 orang. Ajang MotoGP yang diadakan di daerah Mandalika diharapkan mampu meningkatkan banyaknya jumlah wisatawan ke Indonesia. Lebih lanjut, perekonomian di Mandalika terbantu oleh kerajinan tangan khas dari Lombok.

Ingin melihat langsung sirkuit Mandalika? Penggemar MotoGP nampaknya harus siapkan dompet sebelum tahun 2022. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar