Olahraga

Fajar / Rian Juarai Korea Terbuka, Makin Kukuhkan Keperkasaan Ganda Putra Indonesia

Jakarta (beritajatim.com) – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tampil impresif di Korea Terbuka 2019 yang ditutup dengan gelar juara pada laga final, Minggu (29/9/2019). Kemenangan Fajar/Rian tersebut makin mengukuhkan dominasi ganda putra Indonesia pada 2019.

Fajar/Rian menyabet gelar juara Korea Terbuka 2019 setelah membungkam ganda Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Mereka menang dua gim langsung 21-16, 21-17.

Kemenangan tersebut agak mengejutkan karena selama ini Fajar/Rian punya rekor kurang bagus setiap kali berjumpa Kevin/Marcus. Tapi, mereka mampu menyingkirkan halangan tersebut dan melaju ke semifinal.

Di babak empat besar Fajar/Rian juga mendapat lawan yang tak mudah. Mereka meladeni unggulan kedua sekaligus ganda putra nomor tiga dunia asal China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Performa impresif Fajar/Rian berlanjut ke final. Kali ini, korban mereka adalah ganda peringkat keempat dunia, Kamura/Sonoda.

Kemenangan ini menjadi gelar kedua Fajar Alfan/Muhammad Rian Ardianto pada tahun ini. Sebelumnya, mereka telah merengkuh titel di Swiss Terbuka 2019.

Secara keseluruhan, kinerja ganda putra Indonesia pada tahun ini memang superior. Indonesia punya tiga pasangan terkuat yang bergantian meraih gelar.

Tiga turnamen bergengsi berlabel Super 1.000 berhasil disapu bersih ganda Indonesia. Tiga turnamen tersebut yaitu All England, Indonesia Open, dan China Open.

Gelar bergengsi di ajang All England diraih pasangan veteran, Ahsan/Hendra. Adapun dua turnamen lainnya, Indonesia Open dan China Open, dimenangi Kevin/Marcus.

Ahsan/Hendra melengkapi keperkasaan ganda Indonesia dengan merebut medali emas di turnamen bergengsi, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Ini merupakan gelar juara dunia yang ketiga bagi mereka sebagai pasangan.

Dominasi ganda putra Indonesia juga bisa ditilik dari ranking BWF. Kevin/Marcus bercokol di peringkat pertama, diikuti Ahsan/Hendra di posisi kedua.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat ini menempati peringkat keenam dunia. Namun, dengan hasil di Korea Terbuka 2019 mereka dipastikan naik ke peringkat kelima pekan depan.

Gelar 3 Ganda Putra Indonesia pada 2019
Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan
Pasangan Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan melakukan swafoto usai menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 setelah mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Minggu (25/8). Indonesia menang 25-23, 9-21, 21-15. (kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar