Olahraga

Fachri Husaini: PON Papua Bisa Jadi Ladang Calon Pemain Timnas

Surabaya (beritajatim.com) – Lama tak terdengar kabarnya, Fachri Husaini kembali dengan menangani tim sepak bola PON Banda Aceh. Bahkan mantan pelatih timnas u-16 ini melakukan serangkaian sparing tanding dengan dua klub di Jawa Timur. Ia mengaku memang sengaja mencari tim yang ada di Pulau Jawa, terutama Jawa Timur karena ia paham betul bagaimana Pulau Jawa memiliki segudang pemain yang berkualitas.

Bertemu dengan Gresik United dan terakhir dengan tim Sepak Bola PON Jatim, membuat Fachri tahu apa yang harus dibenahi dalam timnya jelang PON XX Papua akhir September mendatang. Kualitas pemain di Pulau Jawa memang tidak diragukan, tim Banda Aceh pun harus menerima kekalahan 4-0 saat bertemu dengan PON Jawa timur.

“Disini gudangnya pemain berkualitas, dibuktikan dengan ujicoba ini di babak pertama saja sudah ketinggalan skor. Ini tentu pelajaran yang bagus untuk tim kami, terutama dari segi mental. Kalau di Banda Aceh kita hanya bertemu dengan tim lokal dan kualitasnya tidak sebagus dengan Jawa Timur, jadi kita tidak salah mencari lawan sparing di sini, kualitasnya sudah dapat,” ungkap Fachri.

Lebih lanjut dikatakan mantan pelatih PON Kalimantan Timur 2008 ini, ajang PON ini harusnya tidak berhenti hanya di ajang empat tahunan. Ini adalah ladang pemain muda yang bisa berkelanjutan untuk klub-klub profesional ataupun timnas.

Ia berharap jika nanti pada gelaran PON XX Papua, ada tim talent scouting dari PSSI atau dari yang lain untuk melihat potensi para pemain muda ini. Karena, akan ada 240 pemain muda sepak bola dengan kualitas bagus bisa terpilih menjadi pemain timnas Indonesia.

“Ini adalah potensi kesempatan para pemain muda, di gelaran PON ini ada 240 pemain bola dari 12 provinsi bisa menjadi sumber pemain muda timnas, dan saya harap nanti di Papua ada talent scouting mencari pemain muda kelahiran 1997 dan 1998 untuk terpilih seleksi timnas Indonesia karena saya yakin Indonesia luas akan sumber pemain muda yang berkualitas,” tutup Fachri. [way/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar