Iklan Banner Sukun
Olahraga

Evi Ekawati Resmi Dilantik, Basket Jawa Timur Siap Go Internasional

Surabaya (beritajatim.com) – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Timur 2021 resmi dilantik, pada Kamis 2 Desember 2021 malam.

Setelah pelantikan, Ketua Perbasi Jawa Timur, Evi Ekawati menargetkan basket di Jatim bisa menjadi contoh di nasional. Serta mampu mewakili Indonesia di ajang internasional. “InsyaAllah, karena ini adalah awal dan semua sudah bangkit, amanah ini saya pegang dan akan saya jalankan dengan maksimal. Karena target saya Jawa Timur untuk Indonesia,” kata Evi usai pelantikan.

Evi menjelaskan, untuk mencapai hal tersebut tentu tidak gampang. Oleh sebab itu, ia akan menyolidkan pengurusnya terlebih dahulu. Sehingga program yang dicanangkan dapat berjalan 100 persen. “Kepengurusan ini kita jalan bareng-bareng, jadi kita akan kompak dan pengurus terpilih meraka akan sungguh-sungguh mengembangkan basket di Jatim. Jadi kita bisa bangkit, serta kita merasakan aura itu,” imbuh dia.

Sementara itu, Evi menyebut, pihaknya juga akan mengevaluasi kinerja pelatih dan hasil dari PON Papua kemarin. Sebab, target empat emas belum bisa tercapai dengan baik.

Hal itu menurutnya harus menjadi bahan pertimbangan utama sebelum melangkahkan kaki lebih jauh, yakni menjadikan basket Jatim untuk sumbang atlet di Timnas Indonesia. “Kita ada terget ke sana. Tapi semua harus dibenahi dulu, kita akan beri pelatihan kepada pelatih dan lisensi. Serta kita juga punya target di PON 2024 Perbasi bisa sumbang 4 emas,” tutur Evi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian KONI Jawa Timur, M Nabil memberikan dukungan besar kepada Evi Ekawati untuk mengembangkan basket. Sebab menurutnya olahraga ini terbesar setelah sepak bola, dan mampu membawa massa anak muda.

“Basket potensi Jawa Timur ini cukup besar, karena di cabang besar dan ini potensi menuju puncak level. Kedua kita punya harapan besar di basket. Cuma di Papau ada mengalami kurang keberuntungan dan jatuhnya di perunggu,” ujar Nabil.

Menurut Nabil, cabang olahraga basket sama dengan esport,  sepak bola, dan futsal. Karena dapat mendatangkan anak muda, mulai dari kalangan SMA/SMK. “Nah ini kalau di pegang dengan baik akan menghasilkan semangat dan sportifitas tinggi, lalu juga menghasilkan bisnis melalui basket. Karena massanya basket ini besar, anak anak muda berkumpul di sini,” tambah dia.

Nabil berpesan, Perbasi ke depan harus bisa membuat event basket internasional. Dengan tujuan mampu menjadi pembelajaran basket bagi anak muda di Jatim, sekaligus mengembangkan wisata di sini. “Jadi tadi saya usulkan Jatim membuka event internasional basket di Surabaya. Dan itu akan mendatangkan suatu devisa, suatu publikasi pariwisata di Jatim dan itu sangat menjanjikan sekali,” pesan Nabil. [kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar