Iklan Banner Sukun
Olahraga

Era-Baru Sepakbola Kanada Melalui CPL Soccer

Ilustrasi manfaat menonton pertandingan bola untuk kesehatan mental. (Sumber foto: Alexanor, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sepakbola Kanada kini mulai patut untuk diperhitungkan. Hal ini karena negara tetangga AS ini sedang membangun kekuatan sepakbolanya dari berbagai aspek. Mulai pembinaan, liga hingga infrastuktur pendukung. Terbaru, dalam gelaran Concacaf Gold Cup 2021 yang berlangsung bulan Juli lalu, Timnas Kanada mampu melaju hingga semifinal sebelum akhirnya harus takluk dari Meksiko 2-1.

Dalam hal liga sepakbola, Canadian Premier League Soccer (CPL Soccer) kini menjadi liga sepakbola profesional di Kanada. Baru terbentuk 2019 lalu, terdapat 7 klub yang bermain pada inaugural season. Ketujuh klub tersebut yakni, FC Edmonton, HFX Wanderers, Cavalry FC, Forge FC, Pacific FC, Valour FC, dan York 9 FC (kini berubah menjadi York United FC). Baru dimusim 2020 lalu, berdiri klub baru yang merupakan satelit Atletico Madrid, Atletico Ottawa.

Memang klub-klub ini terdengar asing dan belum banyak diketahui. Karena beberapa klub Kanada ternama macam Vancouver Whitecaps, Toronto FC, dan CF Montreal (dahulu bernama Montreal Impact) lebih memilih untuk berkompetisi di MLS yang notabene liga profesional milik Amerika Serikat.

Pada musim awal, yakni 2019. CPL Soccer menerapkan sistem split seperti yang diterapkan oleh liga-liga di Amerika Selatan. Juara dari paruh musim pertama dan kedua kemudian dipertemukan pada CPL Soccer Finals. Forge FC menjadi juara pada edisi perdana CPL Soccer ini setelah dalam dua leg final unggul agregat 2-0 atas Cavalry FC.

Format split kemudian berubah menjadi ‘single season’ pada 2020. Setiap klub memainkan total 28 pertandingan yang terbagi kedalam 14 home dan 14 away. Dalam edisi kedua ini, Forge FC kembali mampu keluar sebagai juara sekaligus mengukuhkan status juara bertahan. Di CPL Soccer Final, mereka mengalahkan HFX Wanderers 2 gol tanpa balas dalam laga yang berlangsung di Alumni Field.

Berjalannya liga Kanada melalui kehadiran CPL Soccer ini memberikan klub-klub Kanada kesempatan turut serta berkompetisi antar klub Amerika Utara dan Karibia. Untuk beberapa tahun kedepan, sepakbola Kanada diprediksi menjadi pesaing kuat Meksiko dan AS untuk meraih gelar juara Concacaf Gold Cup. (adn/bj0)


Apa Reaksi Anda?

Komentar