Iklan Banner Sukun
Olahraga

Elkeson Hingga Oscar, Daftar Pemain Asing Terbaik Liga Tiongkok

Tangkapan layar Instagram @oscar_emboaba

Surabaya (beritajatim.com) – Liga Tiongkok bisa dikatakan sebagai salah satu Liga terbaik di Benua Asia. Liga inipun terkenal mewah karena mendatangkan pemain dengan harga fantastis. Banyak pemain bintang yang bertanding di liga ini. Klub-klub Liga Tiongkok saling berlomba untuk memboyong pemain asing dari yang sudah veteran sampai yang masih terang bersinar. Bahkan, mereka rela menggelontorkan dana besar untuk memboyong pemain dari Liga Eropa.

Ada nama eks bintang Chelsea, Oscar Emboaba yang bukan hanya populer tetapi prestasinya serta performanya ketika bermain sangat bagus. Disamping itu ada pemain dari Brasil lain yaitu Elkeson, berikut ini daftar pemain asing terbaik Liga Super Tiongkok.

Elkeson

Elkeson adalah pemain asing yang dulunya berkebangsaan Brasil. Elkeson mulai dikenal saat membela Guangzhou Evergrande, bukan hanya piawai dalam mengolah si kulit bundar, Elkeson juga punya loyalitas tinggi terhadap Tiongkok. Elkeson pun saat ini tercatat secara resmi sebagai warga negara Tiongkok.

Muriqui

Sama seperti Elkeson, Muriqui juga pemain asing asal Brasil yang mulai dikenal namanya saat membela Guangzhou Evergrande. Bedanya Muriqui tidak menjadi warga negara Tiongkok. Muriqui dianggap pemain yang hebat karena sukses membawa Guangzhou Evergrande juara Liga Super China sebanyak 4 kali berturut pada tahun 2011,2012, 2013, 2014. Pada musim 2011 Muriqui mencatatkan namanya sebagai top skor. Di level Asia Muriqui juga berhasil mengemas top skor pada ajang Asian Champions League 2013, saat itu Guangzhou Evergrande keluar sebagai juara.

Oscar Emboaba

Oscar mungkin secara prestasi individu dan prestasi klub tidak sehebat Elkeson dan Muriqui karena hampir semua gelar direbut oleh Guangzhou Evergrande, tetapi dari tahun 2017 semenjak pindah ke Shanghai SIPG, Oscar tiap musim bahkan sampai sekarang performanya sangat konsisten, untuk prestasi klubnya Oscar pernah membawa Shanghai SIPG juara Liga Super China pada tahun 2018.

Eran Zahavi

Berbeda dengan tiga pemain asal Brasil, Eran Zahavi adalah pemain asing asal Israel yang pada tahun 2016 di rekrut oleh Guangzhou R&F. Zahavi bisa dibilang hebat karena sangat konsisten dalam segi permainan. Memang ia belum menyumbangkan piala pada klub, karena Guangzhou R&F masih kalah tangguh dari Guangzhou Evergrande ataupun Shanghai SIPG. Namun, untuk prestasi individu Zahavi sukses jadi top skor Liga Super China musim 2017 dan 2019. Zahavi sukses memecahkan rekor gol yang dimiliki Elkeson dengan torehan 29 goal.

Siapa yang terhebat di antara pemain asing Liga Super Tiongkok tersebut? Barangkali tergantung sudut pandang penilaian, secara individu atau secara tim. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar