Iklan Banner Sukun
Olahraga

Dua Gol Aston Villa Dianulir, Manchester United Menang Tipis Berkat Gol McTominay

(Foto: Twitter, @ManUtd)

Surabaya (beritajatim.com) – Steven Gerrard hanya bisa geleng-geleng kepala di pinggir lapangan ketika gol Danny Ings dianulir oleh VAR. Wajahnya tampak kecut meski tidak merengut. Tentu ia kecewa. Sebab, para pemainnya bermian jauh lebih istimewa.

Ings sebenarnya sudah dinyatakan bebas dari offside oleh VAR setelah Ollie Watkins dinilai tak menyentuh bola hasil sundulan Tyron Mings. Ings pun dinyatakan tak melakukan handball karena bola tersebut mengenai pahanya sebelum masuk ke gawang De Gea.

Sayang, VAR kemudian menemukan celah lain. Ketika McGinn melakukan tendangan bebas, dan sebelum bola disundul oleh Mings, ada insiden kecil di dalam kotak pinalti. Cavani yang berlari ke arah bola untuk bertahan, dihadang oleh Ramsey dan terjatuh.

VAR kemudian memutuskan bahwa gol dari Ings tidak sah karena telah terjadi pelanggaran. Aston Villa gagal menyamakan kedudukan.

Meski kalah, Gerrard tampaknya masih harus cukup berbangga. Sebab, secara permainan, Villa lebih mendominasi dan lebih memiliki pola yang jelas.

Berkali-kali terlihat, para pemain Villa begitu nyaman menguasai bola. Memindahkan permainan dari satu sisi ke sisi yang lain. Mereka pun memiliki akurasi umpan yang cukup tinggi di atas 80 persen.

Skema umpan cepat mereka terbukti berkali-kali membuat Manchester United kewalahan. Hanya saja, build-up yang sudah baik tersebut belum bisa dimaksimalkan oleh lini serang. Finishingnya masih kurang efektif.

Di sisi lain, meski memiliki banyak hal yang perlu di benahi. Kemenangan tipis atas Aston Villa bernilai penting bagi United. Sebab, ini bisa menjadi bekal untuk meningkatkan kepercayaan diri pemain.

Berbeda dengan Villa yang bermain dengan bola-bola pendek dan cepat. United lebih sering terlihat melakukan umpan-umpan terobosan dan diagonal ke sayap. Peran Bruno Fernandez kembali terlihat sebagai playmaker yang memiliki akurasi umpan jitu.

Sayang, beberapa kali tampak pemain seperti Greenwood yang sering membuang peluang dan masih cukup egois. Alih-alih mencoba memberikan bola ke Cavani atau Rashford, Greenwood sering tampak ingin menunjukkan diri dengan melakukan akselerasi dan tendangan-tendangan jarak jauh.

Hal ini membuat suplay ke lini serang menjadi berkurang. Sehingga mereka kesulitan untuk menciptakan peluang-peluang besar.

Salah satu momen terbaik dari pertandiangan kali ini adalah bahwa selain bekerja keras, Fred juga bisa mengirimkan asist yang akurat dengan kaki kiri tepat ke kepala McTominay. Sebuah umpan melengkung yang dikonversi dengan baik untuk menjadi gol kemenangan di menit ke-8.

Meski mendapatkan hasil positif dan lolos ke putaran ke-4 Piala FA, United tetap harus berhati-hati. Sebab, akhir pekan depan mereka akan kembali bersua dengan Aston Villa. Kali ini, mereka yang akan bertandang ke Villa Park dalam lanjutan pekan ke-22 Premier League. [tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar