Olahraga

DPRD Dorong Jember Jadi Tuan Rumah Turnamen Sepak Bola Amputasi

Pemain Persaid Jember, Bahir (merah), saat bertanding dalam Piala Menpora 2022. [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – DPRD mendorong Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjadi tuan rumah turnamen sepak bola amputasi tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Prestasi klub Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia Djember (Persaid) harus dikembangkan dan jadi barometer nasional.

Resmi berdiri pada 2019, Persaid langsung mencetak prestasi dalam kurun waktu tiga tahun. Setelah berhasil menjuarai turnamen Liga Amputasi Nasional pada 2020, Persaid menembus tiga besar Piala Menteri Pemuda dan Olahraga 2022. Empat pemain Persaid, tiga orang di antaranya warga Jember, memperkuat tim nasional dalam Piala Dunia 2022 di Turki.

Edi Cahyo Purnomo, Sekretaris Komisi D DPRD Jember, meminta agar organisasi Persaid dikuatkan. “Liga-liga kecil mulai digalakkan, menumbuhkembangkan atlet-atlet difabel di Kabupaten Jember. Harus ada kompetisi sepak bola amputasi internal Jember,” katanya, ditulis Rabu (30/11/2022).

Edi siap mendorong alokasi anggaran dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jember 2023 dan APBD 2024 untuk kegiatan Persaid. Ia ingin Persaid lebih dikenal publik dan menjadi juara di level nasional maupun internasional. “Kami akan mendorong dalam setiap pembahasan dan mendorong pemerintah juga,” katanya.

Lebih jauh, Edi juga mendukung keinginan Persaid agar Jember menjadi tuan rumah turnamen sepak bola amputasi Liga Champions Asia 2023. “Luar biasa kalau Jember jadi tuan rumah. Kami akan dorong saat rapat-rapat dengan mengundang Dinas Kepemudaan dan Olahraga. Kami akan sampaikan,” katanya. Edi sendiri melihat sudah mulai ada keinginan yang sama antara eksekutif dan legislatif untuk menguatkan olahraga untuk kaum berkebutuhan khusus. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar