Iklan Banner Sukun
Olahraga

Ditonton Langsung Bupati Jember dan Lumajang, Persid ‘Happy Ending’

Jember (beritajatim.com) – Persid akhirnya menghadirkan episode ‘happy ending’, dengan menjadi runner-up Grup J kompetisi sepak bola Liga 3 Zona Jawa Timur, Senin (22/11/2021). Disaksikan Bupati Jember Hendy Siswanto dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq di tribun VIP Stadion Notohadinegoro, Kabupaten Jember, Persid menggelontor gawang PSIL 4-0 (2-0).

Hendy yang mengenakan kaos warna hitam dan Thoriqul yang memakai kaos warna hijau duduk berdampingan. Belakangan Komandan TNI Distrik Militer 0824 Jember Letnan Kolonel Infantri La Ode M. Nurdin menyusul hadir pula saat jeda pertandingan.

Di bawah guyuran hujan, Persid langsung bermain ofensif. Tidak ada pilihan bagi Richard Arbed Anderson dan kawan-kawan kecuali memenangi pertandingan, jika ingin lolos ke Babak 32 Besar dengan predikat juara grup. Pertandingan belum memasuki lima menit, Richard mengancam melalui tendangan bebas. Namun bola bisa ditangkap penjaga gawang PSIL Audi Febrianto.

Berikutnya tendangan bebas jarak jauh Ajudya Eka Kurniawan juga membuat Audi berjibaku untuk menepisnya. Praktis selama babak pertama, Persid mengurung pertahanan PSIL. Anak-anak Lumajang tidak diberi ruang untuk melakukan serangan balik. Tak ada satu pun tembakan tepat sasaran yang berhasil dilepaskan PSIL.

Justru pada menit 20, Muhammad Yudha Firdanna berhasil mencetak gol setelah menerima bola tendangan bebas Richard. Keunggulan ini membuat anak-anak asuh Riono Asnan semakin percaya diri. Dua menit kemudian, Bagas Prasetyo Wicaksono mencetak gol setelah memanfaatkan skema tendangan bebas cepat yang dilakukan Eka saat pemain PSIL tidak siap.

Gol ini diprotes oleh para pemain PSIL. Mereka mengepung wasit Ari Wicaksono yang mengesahkan gol tersebut. Aksi protes ini sempat membuat Bupati Thoriqul Haq berdiri dari kursinya. Dari tribun VIP, ia berteriak kepada bangku cadangan PSIL dan memerintahkan agar emosi pemain diredam. “Kita sudah aman,” teriaknya, mengingatkan apapun hasil pertandingan PSIL sudah dipastikan lolos.

Richard yang pada pertandingan melawan Banyuwangi Putra tak berkutik, kini bermain lebih lugas. Persid seharusnya bisa menambah keunggulan pada menit 30, jika tendangan Richard dari luar kotak penalti tidak membentur tiang gawang PSIL.

Memasuki babak kedua, PSIL mulai tampil lebih berani dan berhasil keluar dari kepungan pemain Persid. Pertandingan berjalan lebih menarik dan berimbang, karena anak-anak asuhan Slamet Sampurno melakukan beberapa kali serangan balik. Namun kondisi lapangan yang becek membuat skema serangan tak berjalan lancar.

Gol ketiga Persid dicetak melalui skema tendangan bebas yang dieksekusi Ahmad Dedi pada menit 82. Bola sempat ditepis kiper PSIL namun jatuh di kaki Richard yang langsung diceploskan ke gawang. Namun gol terbaik dalam pertandingan hari ini dicetak oleh Ajudya Eka pada menit 90+3 melalui tendangan bebas. Dari sisi kiri pertahanan PSIL, dia mengirimkan bola lambung langsung masuk ke gawang PSIL. Audi sudah terlanjur meninggalkan gawang dan sempat menepis bola, namun gol tetap terjadi.

Dengan hasil ini, Persid lolos ke Babak 32 besar Zona Jawa Timur dengan nilai 9. Tim Macan Raung menduduki posisi runner-up grup karena kalah head-to-head dengan Banyuwangi Putra yang juga mengemas nilai 9. Produktivitas Persid pun masih kalah dibanding Banyuwangi, yakni 11 berbanding 13 gol. Di Babak 32 Besar, Persid ditunggu Persida Sidoarjo yang menjadi Juara Grup C. [wir/suf]

Klasemen Akhir Grup J

1. Banyuwangi Putra 4 3 0 1 13 4 9
2. Persid Jember 4 3 0 1 11 2 9
3. PSIL Lumajang 4 2 1 1 7 9 7
4. Persipro 1954 4 1 1 2 4 12 4
5. Singhasari FC 4 0 0 4 0 8 0

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar