Iklan Banner Sukun
Olahraga

Dilema RD Tentukan Komposisi Pemain Tengah Madura United

Asep Berlian, salah satu gelandang senior Madura United FC.

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelatih Madura United FC, Rahmad Darmawan tengah dalam dilema dalam menentukan komposisi pemain tengah, khususnya posisi gelandang bertahan menjelang bergulirnya Seri Kedua BRI Liga 1 Musim 2021.

Hal tersebut tidak lepas dari cidera yang dialami gelandang andalan, Zulfiandi yang harus menepi lebih awal akibat cidera lutut yang terbilang serius. Sekalipun salah satu gelandang terbaik Timnas Indonesia tersebut sudah menjalani operasi, tapi saat ini masih dalam tahap pemulihan.

Absennya Zulfiandi membuat Rahmad Darmawan harus putar otak menentukan formasi sentral permainan, terlebih terdapat beberapa pilihan pemain yang sangat disayangkan untuk ditempatkan di bangku cadangan. Termasuk kehadiran satu legiun asing asal Korea Selatan, Kim Jin-Sung.

Selama ini, sentral permainan tim berjuluk Laskar Sape Kerrab tidak lepas dari kolaborasi dan kreasi Trio Asep Berlian, Slamet Nurcahyo dan Zulfiandi. Namun seiring waktu, terdapat pemain asing sekaligus pemain muda potensial yang berposisi sebagai gelandang sentral.

Seperti diketahui, pemain senior seperti Asep Berlian dan Slamet Nurcahyo selama ini memiliki peran penting dalam menjaga kedalaman skuad. Bahkan keduanya juga sudah berkolaborasi sejak 2016 dan diduetkan dengan sosok Zulfiandi.

Namun kondisi saat ini juga tidak menutup kemungkinan jika Coach RD (sapaan akrab Rahmad Darmawan) bakal kembali menduetkan pemain senior untuk mengisi posisi tengah. Sekalipun selama Seri Pertama Liga 1, lebih memilih Kim Jin-Sung bersama Hugo Gomes Jaja (Brasil).

“Dalam memilih pemain, tentu saja kita awali dengan proses latihan dengan skema yang kita rencanakan, termasuk juga dengan mencoba komposisi sektor pemain tengah yang notabene menjadi sentral permainan,” kata Rahmad Darmawan, dikutip dari website Madura United FC, Selasa (12/10/2021).

Bahkan tidak hanya mencoba menerapkan skema dengan menduetkan para pemain senior saja, pihaknya juga terus mencoba duet Asep Berlian dan Kim Jin-Sung di sektor tengah tim, termasuk juga dengan memasang pemain muda seperti yang diterapkan pada laga pamungkas Seri Pertama Liga 1, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Coach RD ingin memberikan banyak kesempatan untuk Asep agar ia tak selalu menjadi pemain cadangan. Namun, ia juga untuk memaksimalkan pemain yang ada karena Madura United juga memiliki beberapa pemain muda.

Di sisi lain, ia juga ingin memberikan banyak kesempatan pemain muda agar bisa mendapatkan pengalaman pada musim ini. “Kalau kita melihat dari posisi itu, ya Asep akan berkolaborasi dengan Kim (Kim Jin Sung) yang sebelumnya dengan Zul (Zulfiandi). Namun untuk attack feel ada beberapa pemain yang kita lakukan, tapi juga tidak berarti Asep selamanya menjadi pemain cadangan,” ungkapnya.

Walau demikian, ia juga mempersiapkan berbagai duet untuk posisi gelandang dan masih berat pada duet Asep dan Slamet. Bahkan dua pemain senior tersebut memiliki kesempatan untuk bisa menunjukkan penampilan terbaik pada kompetisi musim ini.

“Sebenarnya sudah kami lakukan dalam ujicoba dan kita lihat nanti bagaimana kiprah kedua pemain ini. Mungkin dalam pertandingan akan bermain bersama-sama lagi,” pungkasnya. [pin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar