Iklan Banner Sukun
Olahraga

Detik-detik Motor Alex Rins Terbakar Saat Latihan MotoGP di Mandalika, Balapan Langsung Dihentikan

Alex Rins melompat dari motornya yang terbakar di bagian bawah. (Tangkap layar, Instagram @motogp)

Surabaya (beritajatim.com) – Inilah detik-detik paling menegangkan ketika motor pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins tiba-tiba terbakar dengan kobaran api cukup besar pada bagian bawah.

Insiden kebakaran motor ini terjadi saat sesi latihan bebas atau session free practice ke-4 (FP4) MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Sabtu 19 Maret 2022 siang.

Sebelum kejadian tersebut, beberapa rider mulai jalani FP4 ini semenjak pukul 13.25 WIB. Baru 10 menit berjalan, kelihatan ada permasalahan di motornya Alex Rins. Ia melamban saat masuk kelokan 10.

Alex Rins memakai motornya secara perlahan lewat tepi ke arah gravel. Selang beberapa saat, kelihatan kobaran api dari sisi bawah motornya.

Ia pun tampak kaget dan melihat ke arah bawah motornya yang sudah mulai terbakar api dan mengeluarkan asap hitam. Tak berpikir lama, ia pun dengan cepat lompat dari motornya dan menjauh.

Mengetahui insiden tersebut, sesi latihan balap MotoGP ke-4 ini terpaksa harus dihentikan sementara dan pelaksana mengibarkan red flag.

Pengibaran red flag atau bendera merah itu berarti bahwa sesi latihan balap harus dihentikan. Hal itu menimbang kekhawatiran adanya ceceran oli dari motor Alex Rins yang menggenangi pelintasan.

Karena saat sebelum motornya terbakar, ada di belakang Rins, rider team Pramac Racing Johann Zarco juga jatuh, diprediksi karena terdampak ceceran oli motor Alex Rins.

Selang beberapa saat, kelihatan beberapa Marshal sedang bersihkan pelintasan untuk keselamatan pengendara untuk meneruskan sesion. Sesion free practice lalu diundur beberapa waktu.

Belum diketahui pemicu khusus yang menyebabkan terbakarnya motor Alex Rins saat lakukan balapan latihan MotoGP itu.

Akan tetapi, pihak Grand Prix Safety Officer FIM, Franco Ucini memberi verifikasi dan akan segera mengevaluasi permasalahan itu.

Pihaknya akan segera bertindak untuk pembersihan pelintasan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

“Kami selekasnya lakukan proses pembersihan pelintasan. Hingga sebentar lagi kami akan siap untuk buka pit lane,” ungkap Franco dikutip dari MotoGP. (ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar