Iklan Banner Sukun
Olahraga

Derby d’Italia: Inter Menang dari Juventus Lewat Penalti Kontroversial

Tendangan penalti kedua yang dieksekusi Halkan Calhanoglu.
Tendangan penalti kedua yang dieksekusi Halkan Calhanoglu (Tangkapan Layar Instagram @inter)

Surabaya (beritajatim.com) – Hakan Calhanoglu membuat Inter Milan menang kontra Juve di pekan ke-31 Serie A Italia 2021/22. Calhanoglu mencetak gol lewat tendangan dua belas pass saat menit ke-45+5. Namun, gol semata wayang di Stadion Allianz, (4/4) dini hari WIB itu menuai kontroversi.

Drama kontroversi dimulai dari kontak antara Denzel Dumfries dan Alvaro Morata pada area penalti Juventus. Usai meninjau VAR (Video Assistant Referee), wasit Massimiliano Irrati menganggap ada pelanggaran terhadap Dumfriez lalu menunjuk titik putih.

Hakan Calhanoglu maju sebagai eksekutor, namun tendangannya mampu dibaca dan digagalkan oleh penjaga gawang Juventus, Wojciech Szczesny.

Dalam tayangan ulang, Calhanoglu dan tiga pemain Juventus maju untuk merebut rebound. Situasi itu menciptakan kemelut dan tanpa sadar bek Juventus, Danilo, membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Gol itu dianulir wasit yang menganggap ada pelanggaran pada Danilo. Namun, sang pengadil lapangan kembali maninjau tayangan ulang VAR guna melihat insiden yang terjadi di kotak terlarang.

Massimiliano Irrati memutuskan untuk mengulang usai VAR mengidentifikasi salah satu pemain Juventus yaitu Matthijs De Ligt lebih dulu masuk ke area kotak terlarang sebelum Calhanoglu menendang bola.

Penalti kembali dieksekusi oleh Calhanoglu dan kali ini pemain berkebangsaan Turki itu bisa membawa tim tamu, Inter Milan memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol di penghujung laga babak pertama, membuat Juve yang mendominasi semakin menekan Inter di babak kedua.

Buktinya, Dusan Vlahovic menciptakan peluang di menit ke-62 usai menerima umpan dari Adrien Rabiot. Namun, tembakan pemain berkebangsaan Serbia itu melebar dari sasaran.

Juventus hampir saja menyamakan kedudukan di menit ke-74 melalui Denis Zakaria andai tendangannya tak membentur tiang gawang.

Papan skor tak berubah sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga. Derby bertajuk d’Italia itu berakhir dengan kemenangan tipis bagi Inter Milan.

Hasil tersebut membawa Inter Milan mempertahankan posisi ketiga dengan torehan 63 poin. Tim berjuluk Nerazzurri itu menempel AC Milan dan Napoli yang berurutan menghuni peringkat pertama juga kedua.

AC Milan dan Napoli sama-sama mengumpulkan 66 poin. Sementara, Juve juga tak beranjak dari posisi keempat dengan torehan 59 poin. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar