Olahraga

Danny Makkelie Jadi Wasit Pembuka Piala Eropa 2020

Malang (beritajatim.com) – Wasit asal Belanda, Danny Makkelie akan memimpin jalanya pertandingan pembuka Piala Eropa 2020, Sabtu (12/6/2021) dini hari .

Danny Makkelie merupakan wasit asal Federasi Sepak Bola Belanda. Pria kelahiran Belanda 28Januari 1983 itu, akan mengatur pertandingan perdana Euro 2020 yang akan dimainkan di Stadion Olimpiade Roma, Italia.

Sementara dua asisten wasit yang membantunya di laga perdana ini yakni Hessel Steegstra dan Jan de Vries. Sedang wasit keempat pertandingan ini adalah Stephanie Frappart dari Prancis dan Kevin Blom dari Belanda untuk bertugas di posisi Video Assistant (VAR).

Wasit asal Belanda, Danny Makkelie, cukup dikenal publik sepak bola. Makkelie pernah memimpin laga Inter Milan kontra Sevilla di final Liga Europa 2019/2020 lalu.

Baca Juga:

    Makkelie juga pernah jadi perbincangan di final Piala Dunia 2018 saat Prancis berhadapan dengan Kroasia. Ia saat itu memberikan penalti penuh untuk Prancis. Saat itu, pria Belanda itu menjadi wasit Video Assistant (VAR).

    Makkelie yang memberikan masukan kepada Nestor Pitana untuk memberikan Prancis hadiah penalti. Pitana sendiri berkali-kali harus melihat tayangan VAR sebelum akhirnya mengiyakan rekomendasi dari Makkelie.

    Beberapa pihak pun menuding Makkelie sebagai wasit yang kurang jujur di sejumlah pertandingan sepak bola level dunia. Meski begitu, dari semua kontroversi tersebut, Makkelie merupakan wasit dengan jam terbang yang cukup tinggi di Eropa. Selama berkarier sebagai seorang wasit, mantan perwira polisi ini telah mengeluarkan 107 kartu kuning dan 10 kartu merah dengan sejumlah kontroversinya. (yog/kun)



    Apa Reaksi Anda?

    Komentar