Iklan Banner Sukun
Olahraga

Daftar Pemain Fantastis Jebolan Akademi Sporting Lisbon

Tangkap Layar Instagram, @cristiano

Surabaya (beritajatim.com) – Jika melihat prestasi klub-klub Portugal, maka Porto dan Benfica jadi klub yang bisa dibilang paling sukses di Portugal. Alasannya simpel karena kedua klub tersebut merupakan klub asal Portugal yang mampu juara di pentas Eropa UCL maupun UEL. Namun, klub Sporting Lisbon tidak boleh dilewatkan karena klub ibukota tersebut mampu melahirkan pemain-pemain kelas dunia dalam sejarah sepakbola. Nama klub Sporting Lisbon mungkin tidak asing bagi penggemar sepakbola. Raksasa Portugal itu merupakan tempat awal ditempanya bakat sang mega bintang, Cristiano Ronaldo. Siapa saja pemain hebat akademi Sporting Lisbon? Berikut daftarnya.

Cristiano Ronaldo

Semuanya sudah tahu jika Ronaldo merupakan salah satu pemain jebolan asal akademi Sporting Lisbon. Ronaldo belajar di klub ibukota Portugal tersebut selama kurun 5 tahun sebelum pada 2002 berhasil promosi ke tim utama.

Namun, akademi Sporting Lisbon bukan akademi pertama yang dimasuki oleh Ronaldo. Akademi Andorinha dan Nacional merupakan 2 akademi awal yang dimasuki olehnya. Setelah itu, pada 1997 barulah Ronaldo berada di akademi Sporting Lisbon. Berkat skill yang menawan, pemain yang saat ini bergelimang rekor ini dipromosikan ke tim utama saat usia 16. Pelatih tim terkesan dengan skill dribbling dan membuat Ronaldo menjadi pemain pertama yang mampu bermain di tim U-16, U-17, U-18, B, dan utama dalam 1 musim. Ronaldo hanya butuh satu musim berada di tim utama sebelum akhirnya direkrut oleh Man. United. Setelah itu, apa yang terjadi merupakan bagian dari sejarah sepak bola dunia.

Rui Patricio

Rui Patricio merupakan penjaga gawang kenamaan asal Portugal. Ia kini telah berusia 33, di awal karir Rui muda justru bermain sebagai penyerang. Namun, seorang pencari bakat dari Sporting Lisbon melihat Patricio bermain sebagai kiper hingga membuat pria tersebut terkesan dan menyodorkan kontrak.

Setelah itu, Patricio menimba ilmu di akademi Sporting Lisbon selama 6 tahun. Tahun 2006, ia mendapat kesempatan promosi ke tim utama. Patricio bermain untuk Sporting Lisbon sebanyak 466 pertandingan dengan 448 kali kebobolan serta mencatatkan 182 kali tanpa kebobolan.

Joao Moutinho

Joao Moutinho merupakan gelandang veteran Portugal. Ia. juga lulusan dari akademi Sporting Lisbon. Moutinho berada di akademi Sporting Lisbon mulai tahun 2000 hingga 2004. Kemudian, berlanjut masuk ke tim B dan tim utama dalam waktu 7 musim sebelum akhirnya berbelok ke FC Porto. Melihat usianya yang sudah memasuki 35 tahun, maka tidak terasa dia akan memutuskan pensiun dalam waktu yang dekat setelah membela 4 tim. Moutinho, masih jadi bagian skuad timnas Portugal versi mini di Wolves.

Cukup hebat bukan akademi Sporting Lisbon? Di masa mendatang bukan tidak mungkin akan lahir pemain hebat lain dari akademi tersebut. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar