Iklan Banner Sukun
Olahraga

Daftar Gelandang Berkaki Kiri Terbaik Saat Ini

(Foto: Twitter, @Camavinga)

Surabaya (beritajatim.com) – Di sistem sepakbola modern saat ini, pemain di posisi gelandang memiliki peran yang sangat krusial. Sebab, mereka memiliki tugas untuk membangun serangan juga melakukan counter pressing, yakni mendapatkan bola secepat mungkin ketika bola dikuasai pemain lawan.

Sehingga mereka dituntut untuk bisa menguasai bola dengan baik, memiliki kemampuan umpan yang presisi sampai kemampuan bertahan yang baik. Dari banyaknya pemain yang berposisi sebagai gelandang, ada yang punya spesialisasi di kaki kiri. Berikut ini daftar pemain gelandang dengan dominan kaki kiri mereka yang ciamik.

Bernardo Silva

Bernardo Silva mengalami perkembangan sangat pesat ketika bergabung dengan Manchester City di tahun 2017. Silva direkrut The Citizen dari AS Monaco dengan biaya 50 juta Euro atau setara dengan 837 miliar.

Silva berubah dari pemain sayap terampil menjadi sosok gelandang yang kreatif di bawah asuhan Pep Guardiola. Oleh karena itu, tidak heran jika Silva selalu menjadi andalan Man City setiap pertandingan. Ia bahkan pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Man City di tahun 2018/2019.

Martin Odegaard

Odegaard sempat jadi perbincangan klub elit saat masih berusia belasan tahun. Ia akhirnya bergabung dengan Real Madrid pada 2015. Tapi sayang, karier Odegaard tak berjalan mulus di Santiago Bernabeu, Odegaard beberapa kali dipinjamkan ke tim-tim lain.

Kini, pemain yang masih berusia 22 tahun itu bermain untuk Arsenal. Setelah berstatus pinjaman selama 6 bulan pada tahun 2020, ia resmi dipermanenkan.

Eduardo Camavinga

Eduardo Camavinga merupakan salah satu gelandang muda terbaik yang tampil di kompetisi elit Eropa saat ini. Di transfer musim panas 2021, Camavinga resmi menyelesaikan kepindahannya ke Real Madrid. Camavinga dikenal sebagai gelandang serba bisa yang dapat dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Phil Foden

Phil Foden dinilai punya masa depan yang cerah bersama Manchester City. Ditambah lagi, Foden sudah bisa mendapatkan posisi inti di skuad utama Pep Guardiola meski masih berusia relatif muda.

Bukan hanya itu, Foden juga dapat bersaing di skuad utama timnas Inggris asuhan Gareth Southgate pada ajang Piala Eropa tahun ini. Foden memang punya keistimewaan berupa kreativitas dan kecakapan di atas lapangan.

Siapa yang terbaik dengan kaki kiri? Tentu beberapa daftar itu masih tergolong berusia muda, sehingga sangat mungkin untuk terus menampilkan yang terbaik di masa mendatang. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar