Olahraga

Coach RD Siapkan Rencana Khusus Hadapi Kompetisi 2020

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelatih Madura United FC, Rahmad Darmawan menyiapkan rencana maupun strategi khusus untuk tim yang ditanganinya untuk menghadapi jadwal padat di kompetisi musim 2020 mendatang.

Salah satunya dengan menyiapkan dua pemain berbeda dengan kemampuan serupa di setiap posisi, mulai dari sektor penjaga gawang hingga sektor penyerang. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya menjaga stabilitas tim saat mengarungi jadwal kompetisi.

“Secara statistik, Madura United merupakan tim yang bagus khususnya selama mengarungi jadwal kompetisi musim (2019) lalu. Hal itu sudah kita evaluasi sekaligus kita siapkan rencana khusus untuk musim depan,” kata Pelatih Madura United FC, Rahmad Darmawan, Kamis (16/1/2020).

Rencana tersebut salah satunya dengan menyiapkan dua hingga tiga pemain di satu posisi berbeda, sekaligus sebagai upaya mengatasi persoalan absennya sejumlah pemain kala kompetisi bergulir. Baik akibat akumulasi kartu, cedera hingga alasan lain termasuk dipanggil Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

“Kita sudah antisipasi hal itu sedini mungkin, apalagi saat ini komposisi skuad di setiap posisi ditempati pemain dengan kualitas serupa. Sehingga kedepan kami tidak perlu terlalu cemas mengatasi persoalan yang selama ini menjadi titik lemah tim,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, juru taktik yang akrab disapa Coach RD juga sempat menyampaikan protes sekaligus masukan bagi induk tertinggi sepakbola tanah air (PSSI) khususnya regulator kompetisi agar menyesuaikan jadwal kompetisi dengan agenda FIFA.

Hal tersebut dinilai bakal memberikan dampak positif bagi kompetisi di tanah air, bahkan tidak menutup kemungkinan juga bakal menjadikan kompetisi semakin berkualitas dan tentunya dengan menghasilkan pemain berkualitas juga.

Bahkan Coach RD juga menilai jika program pemusatan latihan alias Training Centre (TC) yang kerap dilakukan Timnas di semua level, cenderung tidak efektif dan justru memberikan dampak kurang baik terhadap setiap klub. Sehingga penyesuaian jadwal kompetisi dengan agenda FIFA dinilai sebagai solusi konkrit demi mewujudkan kompetisi berkualitas. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar