Olahraga

Coach RD Beberkan Filosofi Sepakbola Modern Bagi Pelatih

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelatih Madura United FC, Rahmad Darmawan membeberkan filosofi sepakbola modern dan pembinaan bagi puluhan pelatih tim sepakbola di lingkungan internal Askab PSSI Pamekasan di Meeting Room Gedung PKP-RI Jl Kemuning, Selasa (14/1/2020).

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Pemantapan Pelatih Klub Anggota Askab PSSI Pamekasan, yang digagas Askab PSSI setempat. Sekaligus sebagai bagian dari kegiatan CSR Madura United FC yang notabene bermarkas di kabupaten Pamekasan.

Dalam momentum tersebut, pelatih yang akrab disapa Coach RD memberikan sejumlah bekal dan wawasan kepelatihan bagi jajaran tim pelatih peserta pemantapan dan pembinaan. Khususnya seputar materi sepakbola modern dan pembinaan.

“Saat ini sepakbola tidak hanya menuntut kapasitas maupun kompetensi pelatih semata, tetapi juga harus didukung dengan kualitas pemain dalam sebuah klub,” kata Coach RD saat memberikan materi di hadapan para pelatih sepakbola di lingkungan Askab PSSI Pamekasan.

Kapasitas maupun kompetensi seorang pelatih memang menjadi sebuah keniscayaan dalam sepakbola modern, tetapi hal tersebut tentunya juga harus didukung dengan kualitas pemain yang didapatkan dari hasil pembinaan yang baik dari sebuah klub.

“Ada banyak aspek dalam pembinaan pemain dalam sebuah tim, setidaknya terdapat empat poin penting yang harus dipahami oleh seluruh pelatih sepakbola. Di antaranya kualitas teknik, kualitas taktik, kualitas mental dan tentunya kualitas fisik,” ungkapnya.

Selain itu, Coach RD juga menjabarkan secara gamblang seputar kualitas pemain yang harus dipahami oleh pelatih khususnya dalam dunia sepakbola modern. “Misalkan aspek kualitas taktik harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya adanya dukungan, mobilitas, penitrasi, kreativitas hingga pembentukan tim,” jelasnya.

“Termasuk juga kualitas teknik (pemian) yang harus diperhatikan, di antaranya yang paling mendasar yaitu passing, ball control, long passing hingga dribling. Hal itu tentunya harus didukung dengan kualitas mental berupa rasa percaya diri, tenang, sabar, positif dan pantang menyerah,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, ketiga aspek tersebut juga harus didukung penuh dengan kualitas fisik pemain yang harus diketahui oleh seorang pelatih. “Untuk kualitas fisik ini yang harus diperhatikan, yakni daya tahan, kecepatan, kekuatan, koordinasi dan fleksibelity,” pungkasnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar